Brilio.net - Andre Taulany secara diam-diam telah mengajukan gugatan cerai terhadap istrinya, Rien Wartia Trigina, ke Pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang. Penyanyi yang kini berkarier sebagai komedian tersebut mendaftarkan perceraian pada 4 April 2024 dengan nomor perkara 1668/pdtg/2024/patigaraksa.

Andre dan sang istri diketahui telah menjalani 8 kali persidangan. Sidang perdana digelar pada 25 April 2024 dan sidang terakhir kali digelar pada 1 Agustus 2024.

Meski proses cerai sudah bergulir bahkan sudah dimediasi, keduanya tetap pada keinginan untuk pisah. Namun, terkait alasan mengapa Andre Taulany mengajukan gugatan cerai pada sang istri, pihak pengadilan enggan membeberkannya karena alasan privasi sang artis.

curhat Andre Taulany sering berantem © berbagai sumber

Instagram/@erintaulany

Sebelum resmi mengajukan gugatan cerai pada April lalu, rumah tangga Andre dan Erin sapaan sang istri memang sering dirumorkan tidak baik-baik saja. Kabar tersebut juga sempat menjadi topik pembicaraan saat sang komedian tampil menjadi bintang tamu dalam Channel YouTube Maia Estianty dua tahun lalu.

Saat itu rumah tangga Andre sudah memasuki usia 16 tahun. Belasan tahun membina rumah tangga, nyatanya rumah tangga Andre Taulany dan Erin sering terlibat percekcokan.

“Berantem, sering, suka,” kata Andre dikutip brilio.net dari YouTube Maia Estianty Al El Dul, Kamis (8/8).

curhat Andre Taulany sering berantem © berbagai sumber

YouTube/MAIA ALELDUL TV

Ketika bertengkar dengan Erin, diakui oleh Andre dirinya memilih untuk mendiamkan sang istri. Sebab kata dia sang istri akan kembali berbaikan dengan sendirinya.

"Diemin aja nanti juga baik sendiri. Sama kayak adik kakak di rumah kita nggak ngomong abis itu akhirnya baik lagi main lagi gitu. Apalagi kita udah ada anak mau ngapain lagi," bebernya.

Di sisi lain, pria 49 tahun itu mengaku tidak bisa memberikan jawaban ketika ditanya cara mempertahankan rumah tangga. Dia menyebut sangat sulit menjawab kalau cara mempertahankan rumah tangga.

“Itu susah Mai kalau ditanya begitu. Semua orang punya caranya masing-masing. Karena gue ga punya teori begini, begini, ternyata banyak yang kandas,” ujarnya.

Andre Taulany mengungkapkan bahwa kunci utama untuk menjaga rumah tangga agar tetap harmonis dan bertahan lama adalah saling mempercayai. Ia juga menekankan pentingnya mengingat bahwa mereka telah memiliki anak-anak dan keluarga besar yang harus dijaga. Selain itu, ia menyebutkan bahwa iman kepada Allah juga menjadi landasan kuat dalam pernikahan mereka.

“Kalau gue yang penting lo percaya sama gue, gue percaya sama lo. Kita udah punya anak-anak, kita punya keluarga besar, kita punya Allah, patokan kita itu aja. Kalau macem-macem oh iya inget ini ya, jadi gitu aja,” ungkapnya.

curhat Andre Taulany sering berantem © berbagai sumber

Instagram/@erintaulany

Lebih lanjut, Andre juga mengungkapkan bahwa tidak mungkin dalam sebuah rumah tangga semuanya bisa sempurna 100 persen. Menurutnya, pasangan yang mampu bertahan hingga tua pasti telah melewati banyak badai besar dalam hidup mereka.

"Pada dasarnya kita berpasangan emang bisa kita anggap 100 persen kita anggap kita bisa perfect. Kita bisa liat pasangan awet sampai tua belum tentu itu perfect juga. Bisa juga terjadi karena mereka sudah saling menerima ‘ah gue mau ngapain lagi si’ nggak ada teori biar langgeng harus begini nggak,” kata dia.

Andre menambahkan bahwa sampai usia tua pun, pasangan harus terus belajar satu sama lain. Dengan menerima kekurangan masing-masing, hubungan dapat tetap langgeng dan harmonis meskipun menghadapi berbagai tantangan.

"Sampai tua tetap belajar dua-duanya. Nggak ada goalsnya dua-duanya selesai, tetap belajar. Menerima kekurangan yang paling penting. Sanggup nggak terima kekurangan,” tandasnya.