Brilio.net - Gugatan cerai Baim Wong terhadap Paula Verhoeven masih menjadi topik hangat di kalangan masyarakat. Pasangan ini baru saja menjalani sidang perceraian perdana di Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada Rabu, 23 Oktober 2024. Sidang tersebut dijadwalkan untuk mediasi, sebagai upaya awal untuk mendamaikan kedua belah pihak.

Seperti diketahui, rumah tangga Baim Wong dan Paula dikabarkan retak akibat adanya orang ketiga, yang memicu tuduhan perselingkuhan. Baim sempat mengungkapkan perasaannya yang merasa dikhianati dalam konferensi pers beberapa waktu lalu. Meskipun baik Baim maupun Paula belum memberikan klarifikasi rinci terkait isu tersebut.

Di tengah sorotan media, Paula memilih untuk tidak menanggapi tudingan tersebut di ruang publik. Ana Sofa Yuking, mantan pengacara Paula Verhoeven pun menjelaskan alasan bungkamnya kliennya tersebut.

Alasan Paula Verhoeven tak tanggapi isu selingkuh © berbagai sumber

foto: KapanLagi.com/Budy Santoso

Rupanya, Paula sengaja tidak memberikan klarifikasi publik untuk menjaga privasi keluarga. Ia lebih memilih menyelesaikan masalah ini secara tertutup melalui proses hukum di pengadilan.

"Kami selaku kuasa hukum pada waktu itu merasa tidak perlu melakukan presscon, merespons informasi yang beredar karena kami berpikir ini wilayah privat yang harus diselesaikan kekeluargaan. Kalau sudah sampai prosesnya di pengadilan, tentu lebih baik menyelesaikan masalah di persidangan," ungkap Ana dikutip brilio.net dari Liputan6.com pada Rabu (23/10).

Keputusan Paula untuk tetap bungkam juga didorong oleh keinginannya menjaga anak-anak mereka dari dampak buruk media. Menurut Ana, Paula sangat mempertimbangkan bagaimana pernyataan publik bisa memperburuk situasi dan menciptakan jejak digital yang buruk bagi anak-anak mereka di masa depan.

"Apalagi kita harus menjaga nama baik keluarga besar, kita harus menjaga juga jejak digital yang sehat untuk anak di bawah umur," tambahnya.

Alasan Paula Verhoeven tak tanggapi isu selingkuh © berbagai sumber

foto: Instagram/@paula_verhoeven

Ini sejalan dengan prinsip Ana Sofa yang sempat menjadi pengacara dalam kasus ini. Ia sudah mewanti-wanti kliennya untuk tak membeberkan urusan rumah tangga di publik.

“Jadi saya selalu mengingatkan kepada pasangan yang ingin bercerai, kalau punya anak, jangan sampai ada kisruh di media sosial, karena itu meninggalkan jejak yang tidak baik pada anak. Itu pertimbangan kita,” tuturnya.

Ana Sofa sekaligus mengumumkan, dirinya tidak akan membela Paula Verhoeven dalam sidang cerai dengan Baim Wong karena kuasanya telah dicabut oleh sang model. Namun begitu, dia berharap, Baim dan Paula bisa menyelesaikan permasalahan mereka dengan baik.

Alasan Paula Verhoeven tak tanggapi isu selingkuh © berbagai sumber

foto: Instagram/@paula_verhoeven

Sang pengacara menyarankan agar kedua belah pihak menahan ego dan tidak mengeluarkan keterangan yang bisa berdampak buruk pada anak-anak mereka di kemudian hari.

“Kalau memang sudah tidak bisa bersama, silakan diselesaikan. Tapi saran saya, lakukan dengan baik-baik tanpa harus ada kisruh sana-sini. Karena ingat, kalian punya anak,” tutur Ana Sofa Yuking di akhir keterangannya.

Hingga berita ini ditulis, mediasi antara Paula dan Baim masih berlangsung. Jika mediasi gagal, sidang akan dilanjutkan pekan depan. Namun terkait apakah akan tetap di hari Rabu, majelis hakim tak menyebutkan secara detail.