Brilio.net - Gelar haji Thariq Halilintar belakangan menjadi topik panas di media sosial. Seperti diketahui, ibu Thariq, yakni Geni Faruk sempat menyebut tunangan Aaliyah Massaid itu sudah berhaji sejak usia dua bulan di acara lamaran sang anak.

Sejak saat itu, ucapan 'Tapi Thariq umur 2 bulan sudah haji' banyak dipakai warganet di kolom komentar postingan media sosial. Bahkan di beberapa konten yang tak relevan dengan perbincangan ini, mereka menuliskan kata tersebut sebagai bahan bercandaan.

Tidak hanya masyarakat, candaan itu rupanya sudah sampai ke Senayan. Saat rapat DPR, salah satu dari anggota tampaknya sedang membahas ibadah haji. Tapi kemudian, ada candaan Haji Thariq yang disisipkan olehnya.

Hal tersebut terlihat dari video di YouTube yang dibagikan oleh akun TVR PARLEMEN. Tampak pimpinan Komisi VI DPR RI, Muhammad Sarmuji sedang memberikan evaluasi kinerja Garuda Indonesia dalam hal haji 2024 di gedung DPR.

"Tugasnya sekarang itu menurut saya bertambah, Pak Dirut, bukan hanya menjadi simbol negara pembawa bendera saja, tapi tugasnya tidak kalah berat, yaitu membuat persaingan bisnis di dunia penerbangan menjadi lebih sehat karena sekarang sudah tidak sehat sama sekali terlalu besar monopoli penerbangan kita oleh suatu grup swasta Indonesia," kata Sarmuji dalam rapat yang berlangsung di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/7).

Anggota DPR sebut soal Thariq © YouTube

foto: YouTube/TVR PARLEMEN

Ia juga menyinggung soal anak perusahaan Garuda Indonesia, yakni Citilink, untuk bisa bersaing dengan pesawat komersial swasta lain. Sarmuji lantas tak ingin membahas detail terkait evaluasi Garuda Indonesia di perjalanan jemaah haji. Di momen inilah ia justru mengungkit candaan soal Thariq Halilintar sudah haji sejak usia 2 bulan.

"Itu barangkali dari sisi pasar, saya berharap betul. Kalau dari sisi haji, saya nggak banyak komentar, tadi sudah banyak diulas urusan Garuda berkaitan dengan haji. Sayangnya, Thoriq sudah haji sejak usia 2 bulan, Pak," kata dia, yang disambut gelak tawa peserta rapat.

"Yang ikutin medsos tahu, Thoriq sudah 2 bulan haji," tambahnya.

Viralnya candaan Thariq haji dari usia dua bulan yang sudah sampai ruang rapat DPR ini justru malah tuai perdebatan. Ada yang menilai bahwa hal tersebut tidak lucu, hingga ada juga yang meminta anggota DPR untuk fokus pada rapat saja.

"Nggak lucuu.. Yang lebih lucu kinerja nya," @siboyfish_tulungagung.

"Dewan ngk ada kerjaan nya y kayak gini ngk penting malah di bahas di rapat," kata @defrys..

"Berarti mereka ngikutin berita di sosmed juga, cuma kadang pura-pura bud** aja," @fachrian29.

"Giliran kaya ginian didenger, tapi giliran keluhan rakyat pura pura ga denger," sahut @_abdeeadrian.