Brilio.net - Baru-baru ini Arda membuat publik syok dengan mengumumkan keputusannya untuk mundur dari posisi vokalis band Naff. Pria bernama asli Hatna Danarda memilih hengkang dari band yang telah membesarkan namanya selama 14 tahun terakhir.

Kabar mengejutkan ini disampaikan Arda secara langsung melalui unggahan di Instagram pribadinya pada Jumat (2/8). Melansir dari unggahan tersebut, Arda menyampaikan rasa terima kasihnya kepada rekan-rekannya di Naff.

"Saya pamit dari vokalis @naffmusik untuk sodaraku @odeunaff_ @hilal_naff @sebagey_ade terima kasih untuk semua kenangannya," tulis Arda di Instagram @ardanaff.

Arda hengkang jadi vokalis Naff © Instagram

Instagram/@ardanaff

Suami dari Tantri Kotak ini mengungkapkan alasan di balik keputusannya ini. Pada November 2023, ia dan rekan band Naff mendapatkan kesempatan untuk manggung di Mekkah, Madinah. Momen ini pun mereka lakukan sambil menjalankan ibadah umrah.

Lalu pada Juni 2024 lalu, Arda bersama sang istri diketahui menjalankan ibadah haji. Di momen inilah, Arda mulai berniat untuk keluar dari band.

"PetunjukNya membuat saya ingin berpisah, hati saya semakin dikuatkan untuk berpisah ketika momen haji bulan Juni 2024," jelasnya.

Arda hengkang jadi vokalis Naff © Instagram

Instagram/@ardanaff

Sebelum membuat keputusan ini, Arda mengaku telah mempertimbangkannya dalam waktu yang cukup lama. Ia berusaha menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Ternyata karier hanyalah karier, ada saatnya sayapun harus memutuskan dengan lapang dada untuk bilang 'sudah' bukan karena benci tapi justru karena rasa menyayangi yang begitu besar agar berhenti untuk saling menyakiti jika terus dilanjutkan," tambahnya.

Masih dalam unggahannya, Arda mengenang perjalanan 14 tahunnya bersama Naff sebagai waktu yang penuh kenangan. Dia bergabung dengan Naff pada tahun 2010, menggantikan vokalis sebelumnya, Ady. Perjalanan ini penuh dengan momen-momen bahagia dan menyedihkan yang tak terlupakan.

Meski sudah tidak lagi bekerja sama, Arda menegaskan bahwa hubungannya dengan anggota band lainnya tetap masih baik. Ia pun mengungkapkan perasaannya terhadap semua anggota yang terlibat dalam band.

"Tidak bisa lagi bekerja sama bukan berarti tidak bisa berteman. Saya menyayangi semua personelnya, para crew yang berjibaku," terang Arda.

Arda hengkang jadi vokalis Naff © Instagram

Instagram/@ardanaff

Usai hengkang dari band Naff Arda berkomitmen untuk tetap berkarya di dunia musik dan bidang lainnya. Ia berencana untuk menciptakan karya-karya baru yang lebih jujur dan bebas dari tekanan.

"Saya akan tetap berkarya kok, bermusik lagi menghidupkan lirik-lirik yang saya buat, merilis buku lagi, berkonten YouTube, sosial media, berkarya dengan kanal apapun yang saya jamin akan jauh lebih jujur dan bebas dari beban serta tekanan," jelasnya.

Saat ini, Arda sedang dalam proses mengganti nama akun Instagramnya yang masih menggunakan nama @ardanaff. Ia pun meminta penggemarnya untuk memanggilnya dengan nama aslinya saja.

"Saya pamit, Arda Naff pamit, bantu saya ya dengan panggil saya Arda, Arda Hatna juga boleh. Sekali lagi tolong dibantu," pintanya.

Arda hengkang jadi vokalis Naff © Instagram

Instagram/@ardanaff

Musisi berusia 36 tahun ini juga meminta maaf atas kesalahan yang mungkin pernah diperbuat. Arda juga meminta semuanya untuk bisa mendoakannya agar bisa aktif berkarya.

"Terima kasih untuk rasa kehilangan ini. Meskipun sakit tapi tetap indah. Doakan saya ya untuk terus bisa berkarya. Doa saya teriring untuk band yang harus saya letakkan. Saya sayang kalian," tutup Arda.

Tak dipungkiri pengumuman ini membuat para penggemarnya sedih. Meski begitu mereka akan tetap mendukung Arda dengan karier dan karya yang baru di luar band Naff.

"Brooooo... baca postingan ini shock tp pasti keputusan besar yg sangat matang perhitungannya. Keep going brooooo," kata @rezaditya17

"Bismillah.. Semoga Allah selalu kasih kemudahan dan kelancaran untuk setiap project lo ke depan, Insya Allah," ujar @rizalarmada

"gak sedih baca postingan ini pagi2 tapi yg pasti semua sudah keputusan arda yg terbaik, kita sebagai followers cukup mensupport apapun karya yg disajikan," komentar @rizalarmada