Brilio.net - Beberapa waktu lalu, sempat heboh anak kedua Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, Camillia Laetitia Azzahra memutuskan untuk melepas hijab. Cewek yang akrab disapa Zara ini menyampaikan sendiri keputusan ini lewat akun Instagramnya. Zara mengaku bahwa keputusan itu sudah diambil setelah melewati banyak pertimbangan dan diskusi dengan keluarganya.

Banyak yang mempertanyakan mengapa Ridwan Kamil dan istri memperbolehkan keputusan tersebut. Sebagai ibu, Atalia Praratya akhirnya angkat bicara dalam podcast bersama Najla Bisyir. Ia mengatakan bahwa sang anak awalnya masih bisa bertahan dalam gempuran lingkungannya yang melepas hijab.

cerita Atalia Praratya saat anaknya memutuskan untuk lepas hijab berbagai sumber

foto: YouTube/Najla Bisyir

"Ini kan sebenarnya. Teman-temannya dulu nih. Lalu teman-temannya bergantian nih, membuka hijab. Dia terus bertahan," ujar Atalia dilansir brilio.net dari kanal YouTube Najla Bisyir pada Senin (19/8).

Sampai pada akhirnya, Zara dengan gamblang menyampaikan keinginannya untuk melepas hijab. Mendengar hal tersebut, Atalia dan suami tentu tidak sepakat. Mereka berusaha untuk membujuk Zara di tengah masa galaunya.

"Kami tidak setuju itu. Sampai ayahnya saya dorong gitu untuk menemani Zara. Pada waktu dia sedang galau itu. Galau pasti ya. Tapi juga tidak berhasil," ungkap Atalia.

cerita Atalia Praratya saat anaknya memutuskan untuk lepas hijab berbagai sumber

foto: Instagram/@ataliapr

Atalia mengaku saat keputusan itu diambil dan diunggah di media sosial, ia lebih mengkhawatirkan mental sang anak. Sebab, sebelumnya Zara pernah mengalami trauma yang luar biasa.

"Mental Zara. Karena dia pernah mengalami trauma yang luar biasa. Dia ditimpa lagi oleh sesuatu yang seperti ini. Saya bayangkan dia mungkin sudah jatuh tertimpa tangga, nyungsep lagi lagi," katanya.

Atalia mengaku sebenarnya sudah mengajari anaknya tentang agama. Namun, baginya yang penting adalah kebahagiaan sang anak. Terlebih ia mengaku begitu sayang kepada anak perempuan itu.

"Dengan segala keunikannya sebagai seorang remaja. Itu kami juga berkecamuk. Saya nangis juga," ujar Atalia.

Atalia mengaku sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menasehati sang anak. Selain itu, ia juga sudah memberikan pendidikan terbaik bagi Zara. Namun sayang, baginya anak juga punya keputusan sendiri dalam menjalani hidup.

"Saya merasa. Saya sudah full gitu. Sudah maksimal. Menasehati dia, tadi ya memberikan pendidikan terbaik, menasehati segala macam. Saya full banget," tuturnya.

cerita Atalia Praratya saat anaknya memutuskan untuk lepas hijab berbagai sumber

foto: Instagram/@ataliapr

"Saya sebagai orang tua punya otoritas, begitu. Untuk memberikan tekanan, mengarahkan, mengatur (anak). Ternyata tidak seperti itu. Ilmu parenting itu tidak bisa sama. Tidak diterapkan kepada semua orang," pungkasnya.

Sebelumnya, Zara memutuskan untuk melepas kerudungnya. Hal tersebut diposting lewat akun Instagram dan menuai atensi publik. Tidak sedikit yang menyayangkan keputusan tersebut lewat kolom komentar unggahannya.

"Hi semuanya, setelah banyak pertimbangan dan diskusi yang sangat amat panjang dengan keluarga aku, aku memutuskan untuk melepas kerudungku," kata Zara dalam foto yang diunggah pada Jumat (5/4/2024).