Brilio.net - Alfiansyah Komeng, komedian legendaris yang dikenal dengan humor cerdas dan usilnya, kini menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029 setelah terpilih dalam Pemilu 2024. Menariknya, Komeng berhasil meraih suara terbanyak secara nasional, mengungguli para calon legislatif DPD RI lainnya di Indonesia.

Terpilihnya Komeng menjadi sorotan publik, terutama ketika dia tampil dalam sebuah rapat DPD baru-baru ini. Momen itu menjadi viral setelah video singkat berdurasi 1 menit 27 detik itu tersebar di media sosial.

Dalam video tersebut, Komeng mengenakan setelan formal yang rapi, terdiri dari kemeja putih, jas hitam, dan dasi merah. Penampilannya yang profesional mengejutkan banyak orang, mengingat dia lebih dikenal sebagai pelawak.

Keterlibatan Komeng dalam rapat ini bukan hanya sekadar formalitas. Dalam rapat DPD tersebut, Komeng tampak serius ketika membahas isu anggaran.

Komeng mode serius dalam rapat DPD © TikTok

Komeng mode serius dalam rapat DPD
TikTok/@berita.diky.chand

Dia bahkan berani mengkritik sistem yang ada. Terutama mengenai keterlibatan partai dalam pengambilan keputusan anggota dewan.

"Orang independen dan dia hanya cukup ngobrol dengan orang parta tapi setelah jadi kepala daerah anggarannya tidak turun karena tidak didukung partai," ujar Komeng, dikutip brilio.net dari akun TikTok @berita.diky.chand, Kamis (26/9).

Dalam rapat tersebut, Komeng juga mengungkapkan pandangannya tentang pentingnya keterlibatan DPD dalam perumusan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di daerah pemilihan masing-masing. Dia menegaskan bahwa DPD memiliki peran aktif dan konstruktif dalam penyusunan anggaran, sehingga dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

"Kalau bisa ditambahkan setiap yang merancang APBD, harusnya DPD dapilnya ada di situ dan ikut merancang," tutur rekan Adul ini.

Komeng mode serius dalam rapat DPD © TikTok

Komeng mode serius dalam rapat DPD
TikTok/@berita.diky.chand

Sikap Komeng yang ingin mengubah pandangan negatif terhadap DPD juga tercermin dalam ungkapannya. Komeng berharap bahwa dengan kinerja nyata, DPD dapat menghapus stigma negatif yang melekat pada lembaga tersebut.

"Saya juga (sempat) tersinggung, katanya di sini orang-orang daripada nganggur akhirnya masuk DPD. Makanya supaya DPD ini kuat, jangan dibicarakan caranya melulu tapi kapan bergeraknya," jelasnya.

Cuplikan unggahan video Komeng itu pun membuat netizen memberikan respons dan komentar yang beragam. Mereka memberikan pujian melihat Komeng mode serius.

"Emang gitu kang yaa, orang yg biasa ngebanyol, kalo udah serius gak ada obatnya," tulis @BrianSO7

"justru komedian itu malah mayoritas pintar pintar dan cenderung kritis, Indonesia tidak pernah kehabisan komedian yang pintar, hanya karena profesi nya melawak bukan berarti asli nya hanya lawak, lebih jauh lagi mereka pintar dalam bersikap, kelass bang komeng," komentar @candraanugraha

"ya Allah liat muka bang Komeng aja ngakak, padahal beliau lagi serius," ujar @widiyuritamaputra_

"Ya emang dia punya kualitas untuk ada di sana," sahut @AshbenYgMahaEsa

"Pelawak yg beneran pelawak itu punya kecerdasan tinggi. Karena making great jokes tidak mudah," timpal @benny_bim

Momen Komeng yang berhasil mengubah pandangan masyarakat terhadap dirinya membuktikan bahwa latar belakang profesi bukanlah penghalang untuk memberikan kontribusi nyata. Sebagai sosok yang dikenal lucu dan jenaka, Komeng telah menunjukkan bahwa ia juga dapat beradaptasi dan tampil serius dalam posisi barunya sebagai senator.

@berita.diky.chand #komeng #ombocor #fyp #dikychandra #tasikmalaya #dpdjabar2024 #sahabat suara asli - Berita Diky Chandra