Brilio.net - Rieke Diah Pitaloka dikenal sebagai aktris, aktivis, dan politikus yang memiliki karier cemerlang. Mengawali karier sebagai pemeran Oneng di serial komedi Bajaj Bajuri, Rieke tak hanya berhenti di dunia seni, tetapi juga terjun ke dunia politik.

Setelah menuntaskan studi Sastra Belanda di Universitas Indonesia, ia bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan aktif dalam politik. Karier politiknya semakin menanjak setelah bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di bawah kepemimpinan Megawati Soekarnoputri.

Pada periode pertama sebagai anggota DPR dari dapil Jawa Barat II, Rieke berfokus pada isu kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Komisi IX. Gebrakan penting yang ia lakukan selama menjabat termasuk Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN).

Namun, di balik kesibukannya sebagai politikus, ada sisi lain dari kehidupan Rieke yang begitu hangat dan bersahaja. Terlihat dari interaksi akrabnya dengan sang asisten pribadi (aspri). Sebagai politikus dengan agenda yang padat, Rieke tentu membutuhkan dukungan dari timnya, terutama asisten pribadinya.

Uniknya, hubungan Rieke dengan asisten pribadinya tidak sebatas atasan dan bawahan. Dalam beberapa tangkapan layar percakapan antara keduanya yang dibagikan oleh akun TikTok @alvirazhr, terlihat bagaimana mereka berkomunikasi dengan begitu akrab. Seolah-olah hubungan mereka lebih seperti saudara daripada atasan dan bawahan.

isi chat Rieke Diah Pitaloka dan sang aspri © TikTok

foto: TikTok/@alvirazhrn

Dalam sebuah chat, terlihat sang aspri yang diketahui bernama Alvira bertanya apakah Rieke akan hadir dalam Focus Group Discussion (FGD) di Bogor. Meskipun lokasi cukup jauh, Rieke dengan santai dan penuh canda menanggapi ajakan selfie dengan staf.

"Lucu banget suka ngajak foto selfie bareng staf walaupun jauh," tulis sang aspri pada salah satu foto unggahannya, dilansir brilio.net dari TikTok/@alvirazhrn pada Rabu (18/9).

Interaksi hangat juga tampak ketika Rieke menanyakan jadwal kegiatannya keesokan harinya. Candaan aspri ini menggambarkan bahwa kerja dengan Rieke terasa ringan dan penuh humor.

isi chat Rieke Diah Pitaloka dan sang aspri © TikTok

foto: TikTok/@alvirazhrn

Sikap profesional tetap dijaga dalam hubungan mereka. Di salah satu chat, terlihat bahwa setiap postingan atau konten yang akan dibagikan ke media sosial selalu melalui persetujuan Rieke.

"Izin posting bukkk," tulis sang aspri.

Kedisiplinan dalam hal administrasi, seperti meminta izin dan selalu ada koordinasi setelah pengeditan, menunjukkan bahwa meskipun hubungan mereka hangat, aspek profesionalisme tetap terjaga. Kehangatan dan candaan tetap muncul meski pembicaraan terkait dengan topik yang serius. Dalam sebuah percakapan tentang pembangunan infrastruktur listrik di IKN yang dibahas Rieke dalam sidang.

isi chat Rieke Diah Pitaloka dan sang aspri © TikTok

foto: TikTok/@alvirazhrn

Sebagai seorang yang selalu siaga bersama Rieke, sang aktris memang sudah menganggap asprinya seperti keluarga sendiri. Terbukti, dia mengingatkan asprinya untuk menjaga kesehatan dan mengonsumsi vitamin. Asistennya merespons dengan penuh kasih sayang, menyebut Rieke "cintakuuu." Rieke kemudian meminta doa agar tetap kuat, dan asistennya memberikan dukungan serta semangat.

isi chat Rieke Diah Pitaloka dan sang aspri © TikTok

foto: TikTok/@alvirazhrn

Sepanjang interaksi ini, terlihat campuran komunikasi profesional dan kepedulian pribadi. Para asisten menunjukkan perhatian tulus terhadap kesejahteraan Rieke sambil mendukung pekerjaannya. Sebaliknya, Rieke tampak ramah dan peduli terhadap stafnya.

Dinamika ini menciptakan hubungan kerja yang positif dan produktif, di mana batasan antara bos dan staf menjadi lebih cair karena adanya rasa saling menghormati dan kasih sayang.