Brilio.net - Chelsea Davina Norman, yang dikenal sebagai Chelsea JKT48, sedang menjadi sorotan di media sosial X. Pasalnya, Chelsea JKT48 dituding mencuri karya orang lain berupa sound gitar untuk konten TikTok. Ironisnya, anggota JKT48 ini mengklaim bahwa sound gitar tersebut adalah hasil dari usahanya sendiri, yang ia sebutkan dalam caption TikTok pribadinya.

Isu ini mencuat setelah akun X milik @capekbgtakutu memviralkan tudingan tersebut. Dalam unggahannya, akun tersebut menyertakan video Chelsea yang sedang bermain gitar dengan menggunakan sound milik seorang konten kreator.

"Tolong viralkan, guys. Chelsea JKT48 mencuri sound gitar milik orang lain (temanku) tapi dia mengklaim ngulik sendiri. Temanku tiba-tiba melihat video Chelsea bermain gitar Rapsodi, tetapi suaranya persis seperti suara gitar temanku," tulis pemilik akun, dikutip brilio.net pada Minggu (11/8).

Pemilik akun tersebut pun mengatakan bahwa tidak ada masalah jika Chelsea terinspirasi dari temannya. Namun ia merasa keberatan karena Chelsea justru mengklaim hasil karya tersebut sebagai hasil kreasinya sendiri.

"Sebenernya oke kalau dia terinspirasi dari temanku. Masalahnya adalah, di caption TikTok-nya Chelsea, dia menulis ngulik sendiri. Siapa yang bisa menerima karyanya dicuri orang lain dan diakui sebagai hasil ngulik sendiri?" jelasnya.

Sadar dirinya tengah menjadi bahan gunjingan, Chelsea JKT48 akhirnya buka suara melalui unggahan di akun @DC_ChelseaJKT48, Sabtu (10/8). Dalam klarifikasinya, Chelsea minta maaf karena membuat kegaduhan usai unggahannya bermain gitar di TikTok ramai.

"Selamat sore semuanya, saya ingin meminta maaf terkait keributan yang terjadi akibat video TikTok saya," tulis member generasi ke-11 dari JKT48.

Chelsea menjelaskan bahwa selama ini ia terinspirasi dari konten-konten di TikTok dan YouTube. Ia mengklaim bahwa beberapa konten video milik orang lain yang digunakannya hanyalah menjadi referensi untuk membuat konten sendiri.

"Selama ini aku memang terinspirasi dan menjadikan beberapa konten TikTok dan YouTube sebagai referensi aku," terang sang idol.

Chelsea JKT48 dituding nyolong karya © berbagai sumber

foto: TikTok/@_chelseajkt48

Gadis 15 tahun itu juga menambahkan bahwa suara gitar yang ia gunakan dalam videonya terlalu kecil, sehingga sound gitar dari kreator lain lebih mendominasi. Alhasil, publik menilai bahwa Chelsea nyolong karya orang lain.

Meski begitu, Chelsea mengakui bahwa ia menggunakan beberapa video tanpa meminta izin terlebih dahulu. Ia menyadari bahwa hal ini menimbulkan kesalahpahaman di kalangan penggemarnya.

"Mohon maaf aku sudah menggunakan video-video tersebut tapa ijin, dan dikarenakan suara gitar aku terlalu kecil, jadi menimbulkan kesalahpahaman bahwa seakan-akan aku mengklaim bahwa aku yang memainkan sound itu," imbuhnya.

Ia juga menjelaskan soal kata mengulik sendiri yang diperdebatkan orang-orang. Ternyata, maksud “mengulik” yang ia sampaikan adalah mencoba memainkan kembali sound yang ia dapat dari TikTok, bukan mengklaim sebagai karyanya.

"Kemudian maksud aku dari mengulik sendiri itu aku ngulik sound yang aku dapet dari TikTok," tutur Chelsea lagi.

Chelsea JKT48 dituding nyolong karya © berbagai sumber

foto: X/DC_ChelseaJKT48

Klarifikasi Chelsea JKT48 ditutup dengan ungkapan penyesalan atas kecerobohannya. Ia pun berjanji tidak akan mengulangi hal serupa di masa depan dan akan lebih berlatih untuk menciptakan konten yang lebih baik serta orisinal.

"Ke depannya aku tidak akan mengulangi hal serupa lagi, dan aku akan lebih berlatih lagi untuk dapat membuat konten yang lebih baik. Terima kasih atas masukannya ya, sekali lagi mohon maaf," tutupnya.