Mudah akrab dengan mahasiswa Politeknik UI, ia pun kerap disebut 'dosen' oleh mereka. Bahkan Mat Drajat sempat menjadi manajer sepak bola untuk mahasiswa tersebut. Dari situlah banyak yang mengira Mat Drajat merupakan lulusan S1 Teknik Sipil.

Hingga kemudian Mat Drajat menjajal dunia akting. Perannya di berbagai sinetron pun hanya sekadar figuran. Ia kerap gagal syuting, upayanya tak membuahkan hasil sama sekali.

Mat Drajat dulu jadi supir pabrik © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@matt_drajatreal

Tak membuahkan hasil, tidak membuat Mat Drajat menyerah. Ia pun berusaha introspeksi. Salah satunya dengan meminta maaf kepada sang ibu dengan berlutut di bawah kakinya.

Ia meminta maaf atas segala kesalahan yang telah dia lakukan, kemudian mencuci kaki sang ibu. Bekas air cucian kakinya tersebut digunakan untuk mandi. Hingga akhirnya, sinetron komedi yang dibintanginya melejit.

Mat Drajat kini sukses menjadi aktor lewat sinetron Preman Pensiun sebagai Kang Komar, anak buah Kang Mus. Padahal saat membintangi sinetron tersebut, usianya tak lagi muda. Mat Drajat mendapatkan ketenaran di usianya yang sudah menginjak 46 tahun.