Tubagus Joddy yang dikenal sebagai sopir almarhumah Vanessa Angel, baru saja mendapatkan kebebasan bersyarat setelah menjalani hampir tiga tahun hukuman akibat kecelakaan maut yang melibatkan Vanessa dan Bibi Andriansyah. Kini, Joddy kembali menjalani kehidupannya di luar penjara.

"Spesifik saya kerja untuk content creator, bantu bikin konten, bukan untuk driver, saya total di penjara 2 tahun 10 bulan," ujarnya di Podcast Denny Sumargo, Rabu (3/10).

Selama masa hukuman di Lapas Jombang, Jawa Timur, Joddy mengungkapkan banyak kegiatan positif yang dia lakukan bersama narapidana lainnya. "Dulu tuntutannya 7 tahun penjara, tapi vonisnya 5 tahun. Saya fokus menjalani kegiatan yang ada di sana, beribadah, dan melakukan hal-hal positif lainnya," jelasnya.

Saat Joddy sudah ikhlas menjalani masa hukuman, dia mendapatkan usulan untuk bebas bersyarat setelah menjalani setengah dari masa hukumannya. "Karena dinilai berkelakuan baik dan nggak ada masalah. Saya nggak ada lawyer, jadi ya menjalani aja," tambahnya.

Denny Sumargo, yang mewawancarai Joddy, memahami betul kondisi psikologisnya. "Ini kan kejadian cukup besar ya, dan buat lo datang ke sini juga berat. Kelihatan dari nada ngomong lo, dari energi lo, gue bisa merasakan, ini bukan perkara mudah gue tahu," ungkap Denny.

Joddy kini berusia 27 tahun dan menyadari bahwa masa depannya masih panjang. Denny menekankan bahwa tidak mungkin Joddy hanya berpikir tentang titik ini saja.

"Mungkin di penjara lebih nyaman daripada keluar kalau menurut gue?" tanya Denny. 

Secara mengejutkan, Tubagus Joddy mengakui bahwa hidupnya terasa lebih aman dan nyaman saat berada di dalam penjara. "Ya, untuk saat ini perbandingannya memang lebih feel safe di sana. Pikiran gue lebih feel safe di sana," tuturnya.