Brilio.net - Vokalis band The Virgin, Dara Rizki Ruhiana, baru-baru ini membagikan kisah hidupnya yang mengejutkan. Dara mengungkapkan bahwa ia telah menjadi bagian dari generasi sandwich sejak usia 16 tahun. Situasi ini membuatnya harus menanggung beban finansial keluarga di usia yang masih sangat muda.

Pengalaman pahit Dara dimulai ketika kedua orang tuanya memutuskan untuk berpisah dan membangun keluarga baru masing-masing. Tak hanya itu, adiknya pun sudah memiliki keluarga sendiri. Kondisi ini membuat Dara merasa terisolasi dan harus berjuang sendirian.

Dara mengungkapkan bahwa ia sebenarnya telah menerima keadaan keluarganya dengan ikhlas. Namun, ia mengaku tidak habis pikir dengan tindakan keluarganya sendiri. Perasaan kecewa dan sedih pun tak bisa dihindari.

"Soalnya aku dari (usia) 16 tahun ya kak Rosie, mama udah punya keluarga lagi, papa juga udah, adek juga udah, cuma yang aku nggak habis pikir itu, aku ikhlas ya kak, buat keluarga aku ikhlas banget cuman dari keluarga sendiri gitu," ungkap Dara dikutip brilio.net dari Rumpi No Secret pada Senin (14/10).

dara the virgin jadi sandwich generation sejak 16 tahun © 2024 Instagram

foto: Instagram/@darathevirgin

Kekecewaan Dara semakin bertambah ketika ia mengetahui bahwa aset yang telah dikumpulkan sejak usia 16 tahun telah dijual tanpa sepengetahuannya. Hal ini terjadi sekitar pada 2017 ketika Dara berencana untuk menjual sawahnya.

"Itu kan dari tahun 2017 kayaknya, ada butuh apa, aku mau jual sawahku, kan. Ternyata ya udah dijual semuanya," tutur Dara.

Penyanyi berusia 33 tahun ini merasa terpukul mengetahui bahwa seluruh hasil jerih payahnya selama bertahun-tahun telah hilang begitu saja. Aset yang dijual secara diam-diam oleh keluarga bukan hanya sawah, ada kos-kosan dan rumah. Dara pun harus memulai segalanya dari nol kembali.

"Jadi dari aku umur 16 tahun yang udah aku kumpulin udah ilang, semuanya ilang. Kaget. Harus mulai dari nol lagi. Marah. Cuma mau gimana lagi mungkin ada jalan lain kali ya buat aku," lanjutnya.

dara the virgin jadi sandwich generation sejak 16 tahun © 2024 Instagram

foto: Instagram/@darathevirgin

Meski merasa sakit hati, Dara berusaha untuk tetap ikhlas menghadapi situasi yang menimpanya. Ia menyadari bahwa sebagai manusia, perasaan sakit hati memang sulit dihindari.

Dara memilih untuk bersikap legowo dan percaya bahwa rezeki pasti ada gantinya. Ia berusaha untuk tidak larut dalam kesedihan dan kemarahan.

"Sebenernya sakit sih, ikhlas, cuma ya namanya manusia ya, seikhlas-ikhlasnya pasti sakit hati. Cuma pada saat itu kan ya udah harus ikhlas, legowo, rezeki pasti ada gantinya gitu," ungkap Dara.

Sikap ikhlas yang diambil Dara ternyata membawa dampak positif dalam hidupnya. Ia merasa bahwa setelah menerima keadaan dengan lapang dada, pintu rezeki mulai terbuka lebar untuknya. Dara pun merasakan bahwa rezeki datang silih berganti setelah ia melepaskan rasa sakit hatinya.

dara the virgin jadi sandwich generation sejak 16 tahun © 2024 Instagram

foto: Instagram/@darathevirgin

"Ketika aku udah ikhlas, itu kebuka semua pintu rezekinya. Ada aja rezeki kak," kata Dara.

Rekan Mita tersebut mengakui jika ia sudah tidak bisa bergantung ke siapa-siapa lagi. Ia memilih untuk fokus pada perjuangannya sendiri tanpa bergantung pada orang tua. Meski marah dan sakit hati, ia mencoba ikhlas.

"Ke papa nggak bisa minta, ke mama juga, jadi aku harus berjuang sendiri. Jadi aku percuma, aku sakit hati terus, nangis terus. Aku ikhlas, udah pintu rezeki terbuka semuanya gitu," tambahnya.