Brilio.net - Donna Agnesia membagikan pandangannya mengenai manajemen keuangan dalam rumah tangga. Ia mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah meminta suaminya, Darius Sinathrya, untuk membelikan barang-barang pribadi seperti skincare dan baju.

Keputusan ini diambil Donna karena ia merasa memiliki penghasilan sendiri yang bisa digunakan untuk kebutuhan pribadinya. Uang bulanan yang diberikan Darius digunakannya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, selain keinginan dan kebutuhan pribadinya.

Dalam sebuah perbincangan dalam kanal YouTube The Sinathrya, Donna menjelaskan bahwa uang bulanan yang diberikan suaminya digunakan sepenuhnya untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Ia merasa tidak perlu memberi tahu suaminya tentang pengeluaran pribadi seperti membeli skincare.

"Urusan pribadi memang aku nggak semuanya bilang sama kamu tentang harus beli skincare. Emang harus bilang?" ungkap Donna, dikutip brilio.net dari YouTube The Sinathrya pada Senin (14/10).

donna agnesia tak pernah minta suami beli baju dan skincare © 2024 brilio.net

foto: YouTube/The Sinathrya

Donna juga menekankan pentingnya kemandirian finansial dalam hubungan pernikahan. Ia merasa tidak nyaman jika harus meminta suaminya untuk membiayai kebutuhan pribadinya, terutama karena ia memiliki penghasilan sendiri.

"Tapi kalau misalnya skincare kebutuhan rumah (masa) saya harus minta suaminya, sementara saya punya penghasilan sendiri, buat aku itu nggak enak," jelas Donna.

Donna memahami bahwa uang bulanan yang diberikan suaminya memang ditujukan untuk kebutuhan rumah tangga. Ia menjelaskan bahwa penggunaan uang tersebut fokus pada keperluan sehari-hari keluarga. Pemahaman ini membuat Donna memilih untuk memisahkan pengeluaran pribadinya dari anggaran rumah tangga.

"Karena aku ngerasa bahwa kalau uang yang kamu kasih buat aku ya uang bulanan aku itu memang semua untuk kebutuhan rumah sehari-hari," ujar Donna.

Donna juga menyadari bahwa untuk beberapa kebutuhan, seperti pakaian, ia dan suaminya memiliki anggaran khusus dari tempat kerja masing-masing. Hal ini membuatnya merasa lebih leluasa dalam mengelola keuangan pribadinya. Ia menekankan pentingnya memisahkan antara kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan pribadi.

donna agnesia tak pernah minta suami beli baju dan skincare © 2024 brilio.net

foto: Instagram/@dagnesia

"Tapi kalau misalnya ya kebutuhan sehari-hari yang lebih sifatnya lebih pribadi gitu kan, kayak misalnya kalau baju kita kan juga ada budget dari kantor juga, kan," tambah Donna.

Kendati demikian, Donna dan Darius menyadari bahwa setiap rumah tangga memiliki cara yang berbeda dalam mengelola keuangan. Ia memahami bahwa situasi keuangan akan berbeda tergantung pada kondisi masing-masing keluarga, terutama jika hanya ada satu sumber penghasilan dalam rumah tangga.

Darius menekankan setiap kondisi rumah tangga berbeda sehingga tidak perlu mencontoh dirinya dan Donna. Ia dan Donna hanya sekadar sharing mengenai manajemen keuangan rumah tangganya kepada penonton.

"Ini mungkin dalam setiap rumah tangga beda-beda dan case-nya juga akan berbeda ketika misalnya dalam sebuah rumah tangga itu cuma salah satu yang bekerja. Entah suaminya atau istrinya. Jadi source income-nya cuma satu misalnya," tegas Darius.