Brilio.net - Pada era 1980-an, Anita Rachman adalah sosok yang sangat dikenal di layar kaca. Sebagai seorang penyiar TVRI, ia berhasil memikat hati banyak penonton dengan gaya penyampaian berita yang tegas dan suaranya yang enak didengar.

Pada zaman itu, TVRI menjadi satu-satunya siaran yang menemani masyarakat Indonesia. Saluran TVRI tersebar hingga ke pelosok Tanah Air. Anita Rachman sering tampil membawakan Dunia Dalam Berita pukul 9 malam maupun berita nasional yang ditayangkan mulai pukul 7 malam.

Namun, di balik kejayaan masa lalunya, kehidupan Anita Rachman saat ini mengundang keprihatinan banyak pihak. Pemilik nama asli Retna Anita Herawati itu kini sudah sulit untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

kondisi Anita Rachman kini memprihatinkan © Instagram

foto: Instagram/@petergontha

Hal itu terungkap dalam unggahan di Instagram @petergontha baru-baru ini. Terlihat presenter yang lahir di Magelang, 12 September 1944 itu terbaring dengan didampingi oleh suster. Meski begitu, ia masih bisa mengucapkan beberapa kata.

"Raden Ayu Anita Rachman binti Abdul Rachman, saya menghormati kedua-duanya. Ya Allah ya tuhanku," ujar Anita dikutip brilio.net dari Instagram @petergontha, Kamis (8/8).

Menggunakan hijab pink, kondisi Anita memang tampak sangat lemah. Di momen itu pula seorang perawat mencoba untuk membimbingnya melafalkan istighfar.

kondisi Anita Rachman kini memprihatinkan © Instagram

foto: Instagram/@petergontha

Kabar mengenai kesehatannya pun mulai tersebar dan mengundang perhatian publik. Anita, yang selama ini menjadi salah satu wajah dan suara yang akrab di layar kaca, kini harus berjuang dengan kesehatannya yang menurun drastis.

Tidak sedikit netizen yang ikut terenyuh. Mereka juga teringat kembali dengan kejayaan Anita Rachman saat membawakan acara berita televisi nasional era 80-an silam.

"Sedih sih Ini legend nya Dunia dalam berita TVRI Berdoa ibu diberi kekuatan," ujar @mancingmasakngopi

"Salah satu penyiar favourite saya jaman itu. Suaranya enak banget di dengar. Semoga selalu dalam perlindungan Tuhan.Amin," komentar @kepangtut

"Pembaca Dunia Dalam Berita sewaktu saya masih SMP dulu. Dan selalu kami tunggu tiap hari di pukul 21.00. Bu Anita Rachman bersama Inke Maris, Yasir Denhas dll," tulis @zemmy.zemmy.334

Sebagai informasi, di masa kejayaannya, Anita Rachman juga diketahui menjadi penyiar berita program bahasa Inggris di radio RRI. Selain itu, Anita dikenal juga sebagai penulis, narator, dan penerjemah naskah film dokumenter.