Brilio.net - Nunung merupakan komedian populer di Tanah Air yang berkarier di dunia hiburan sejak 1986. Jika dihitung-hitung, sudah 38 tahun ia aktif di dunia hiburan.

Namanya mulai populer lewat grup komedi Srimulat. Sementara, puncak kariernya adalah saat Nunung bergabung dengan acara Opera Van Java bersama Sule, Andre Taulany, Aziz Gagap, dan Parto Patrio. Bukan hanya banyolan-banyolan lucunya, paras ayu khas Jawa menjadi daya pikat pelawak asal Solo tersebut.

Meski namanya kini terkenal sebagai komedian yang sukses, siapa sangka jika keluarga Nunung dulu hidup dalam kemiskinan. Saking miskinnya, keluarganya dulu tak dianggap oleh saudara lainnya.

Komedian berusia 61 tahun itu berkaca-kaca saat menceritakan masa lalunya. Nunung merasa sedih ketika mengingat keluarganya yang pernah diasingkan.

"Ibu aku 6 bersaudara ada salah satu yang kaya banget. Ibu aku dijauhin. Kalau mereka punya hajat gede kita nggak boleh diajak ke situ," cerita Nunung saat menjadi bintang tamu Rumpi: No Secret.

perjuangan Nunung menaikkan derajat keluarga © Instagram

foto: Instagram/@nunung63.official

Bahkan tak jarang keluarga Nunung jadi korban fitnah. Mereka sering dituduh sebagai pencuri setiap kali ada keluarga kehilangan barang.

"Kalau mereka punya hajat gede, kita-kita nggak boleh nginjek di situ, aku dan adik kakakku," ucap Nunung.

"(Tapi) Kalau ada kehilangan di rumah dia, nuduhnya keluarga saya. (Padahal) Kita nginjek aja nggak pernah," sambungnya.

Untuk membantu keluarganya bertahan hidup, Nunung pernah bekerja sebagai kurir. Ia juga sempat berjualan batik dan menjadi penyanyi panggilan.

Pengalaman bernyanyi dari satu panggung ke panggung lain ternyata membantu Nunung membangun rasa percaya diri. Hingga akhirnya membawa Nunung bergabung dengan grup lawak Srimulat pada era 1980-an.

Popularitas Nunung semakin meningkat setelah ia membintangi sinetron "Si Doel Anak Sekolahan". Kemudian, perannya sebagai komedian di acara "Opera Van Java" semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pelawak terkemuka di Indonesia.

perjuangan Nunung menaikkan derajat keluarga © Instagram

foto: Instagram/@nunung63.official

Seiring dengan kesuksesan kariernya, Nunung kini mampu mengangkat derajat keluarga. Ia bahkan menghidupi sekitar 50 anggota keluarga, termasuk anak, cucu, paman, bibi, dan keponakan. Meskipun hal ini menguras tabungannya, Nunung merasa bersyukur dapat membahagiakan keluarganya.

Kesuksesan karier perempuan bernama lengkap Tri Retno Prayudati itu juga ternyata berpengaruh pada sikap saudara-saudaranya. Jika dulu selalu dipandang sebelah mata, kini keluarga Nunung diakui oleh saudara lainnya.

"Ada perubahan saat saya sudah bisa jadi Nunung, saya bisa membahagiakan keluarga, angkat derajat keluarga besar saya, mereka baik," tandasnya.

perjuangan Nunung menaikkan derajat keluarga © Instagram

foto: Instagram/@nunung63.official

Di usia yang sudah memasuki kepala enam, Nunung masih aktif di industri hiburan. Ia terus berjuang demi kebahagiaan keluarganya, khususnya para cucunya, sembari berharap selalu diberi kesehatan dan kekuatan untuk menjalani hidupnya.