Brilio.net - Belakangan ini, sosial media dihebohkan oleh postingan Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep. Menantu Presiden Jokowi ini membagikan momen keberangkatannya ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studi S2 di University of Pennsylvania. Namun, bukan keberangkatannya yang jadi sorotan, melainkan moda transportasi yang digunakan.

Awalnya, Erina membagikan foto pemandangan awan dari jendela pesawat lewat Instagram Stories-nya. Niat Erina mungkin hanya ingin berbagi kegembiraan, tapi netizen jeli justru mempertanyakan jenis pesawat yang ditumpanginya.

"USA here we go," tulis Erina Gudono.

foto: Instagram/@erinagudono

Akun X @aglioeoliopasta mencurigai bahwa pesawat yang ditumpangi Erina bukanlah pesawat komersil biasa. Dia menduga pesawat yang ditumpanginya merupakan pesawat khusus.

"Erina Gudono updated her story dari jendela pesawat yang diyakini itu bukan pesawat komersil. The irony," ungkapnya.

Kecurigaan ini diperkuat oleh netizen lain yang memperhatikan bentuk jendela pesawat dalam foto Erina. Mereka berpendapat bahwa jendela tersebut tidak mirip dengan jendela pesawat komersil pada umumnya. Spekulasi pun bermunculan bahwa Erina dan Kaesang mungkin menggunakan jet pribadi untuk perjalanan mereka.

Hasil penelusuran netizen mengarah pada dugaan bahwa pasangan ini memakai jet Gulfstream. Jenis pesawat ini terkenal mewah dan sering digunakan oleh kalangan atas. Pesawat jet yang digunakan Erina dan Kaesang diduga merupakan Gulfstream G650 buatan 2021 dengan tail number N588SE.

"Pesawat pribadi (private jet) yang diduga dipakai Kaesang dan istrinya ke Amerika Serikat dari Indonesia adalah Gulfstream G650 buatan tahun 2021 dengan tail number N588SE. Data penerbangan cocok dengan keberadaan Kaesang dan Erina di AS. Clue awal dari jendela," tulis @ZakkiAmali.

foto: X/@ZakkiAmali

Pemilik akun X @ZakkiAmali pun menghitung perkiraan harga sewa yang ditumpangi lebih dari dua orang tersebut. Harganya bisa mencapai Rp 8,6 miliar. Belum lagi tingginya emisi dalam perjalanan tersebut.

"Data emisi CO2 per penumpang GLF6: 5.220 Kg. Estimasi biaya sewa: Rp 8,6 miliar. Biaya bahan bakar jet: Rp 355 juta. Halo putra presiden @kaesangb menghabiskan biaya besar, gaya hidup mewah dan tinggi emisi dalam perjalanan ke Amerika Serikat!!!" tulisnya.

Kemewahan ini tentu mengundang berbagai reaksi dari warganet. Ada yang takjub, ada pula yang mempertanyakan sensitivitas pasangan ini di tengah situasi politik yang sedang memanas di Tanah Air. Beberapa netizen bahkan menghitung bahwa dengan biaya sewa jet pribadi tersebut, seseorang bisa membeli sebuah rumah mewah.

Momen ini menjadi ironis mengingat saat ini publik sedang menaruh perhatian besar pada isu politik terkait putusan Baleg DPR RI yang dianggap bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi nomor 60/PUU-XXII/2024 tentang pencalonan kepala daerah. Di tengah ketegangan politik ini, unggahan Erina dianggap kurang peka oleh sebagian masyarakat.

Tak sedikit warganet yang geram dengan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep yang tak sensitif dengan kondisi politik sekarang. Apalagi, saat di Amerika Serikat, mereka memamerkan kemewahan.

"Enak banget yaa idupnya, pantes ga lanjut jualan pisang lagi," kata @@howluckyfifii.

"Napa ga naik premium economy aja lumayan ruang kaki lebih luas sikit xixixi," kata @FUKUHARABC.

"Tone deaf bgt alias minimal tau keadaan rakyatnya lagi pada susah," kata @pulupulugurl.

"Gila gue pikir cuman jet pribadinya antar negara bagian di amrik. Ga nyangka beneran dari indo. Beneran berasa anak raja banget jir," ujar @Tellerion.

"Sepertinya owner trustee di Bank of Utah. Yg bisa request sih lembaga negara. Untuk siapa Bank of Utah lindungi," kata @Midnite_Podcast.