Brilio.net - Istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono menjadi sasaran kemarahan publik setelah mempublikasikan gaya hidup mewahnya selama berada di Amerika Serikat. Erina dinilai tak sensitif dengan kemarahan publik menyusul putusan Baleg DPR RI yang dianggap menjegal putusan Mahkamah Konstitusi nomor 60/PUU-XXII/2024 terkait pencalonan kepala daerah.

Seperti diketahui, saat ini Erina akan memulai studi S2 di University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Kegiatannya sehari-hari selama berada di negara Paman Sam bersama sang suami ia bagikan melalui Instagram Stories.

Namun, dari beberapa postingan yang dibagikan, ada satu hal yang menuai sorotan tajam dari warganet. Terlihat Erina memposting pemandangan awan dari jendela pesawat yang tengah menuju ke Amerika Serikat.

"USA here we go," tulisnya melengkapi foto tersebut.

Erina Gudono naik private jet © berbagai sumber

Instagram/@erinagudono

Meski tampak biasa, unggahan Erina itu justru menjadi perbincangan netizen di media sosial. Pasalnya, salah satu pengguna X menduga pesawat tersebut bukan lah pesawat komersil.

"Erina Gudono updated her story dari jendela pesawat yang diyakini itu bukan pesawat komersil. The irony…," tulis akun X @aglioeoliopasta.

Netizen yang jeli merasa jika pesawat komersil tidak memiliki jendela seperti yang difoto oleh Erina Gudono. Makanya, ia yakin jika menantu Jokowi itu menaiki pesawat jet yang disewa secara pribadi.

“Beneran pake private jet dong wkwk,” kata akun X @iratheresia.

Erina Gudono naik private jet © berbagai sumber


X/aglioeoliopast

Setelah ditelusuri, jet pribadi yang dipakai Kaesang dan Erina itu adalah jet Gulfstream. Netizen pun mengungkapkan perkiraan tarif per jam untuk biaya jet pribadi. Dengan kabin tertinggi dan terluas di kelasnya, Gulfstream tipe G200 dipatok dengan harga 5,950 dolar AS per jam atau sekitar Rp 92 juta.

Jika penerbangan Erina Gudono ke Amerika Serikat ditempuh dalam waktu 18 jam, maka biaya sewa yang harus dikeluarkan sekitar 106,200 dolar AS atau setara dengan Rp1,6 miliar. Namun, biaya yang dikeluarkan bisa lebih dari Rp 4 hingga Rp5 miliar jika menggunakan Gulfstream yang kelasnya lebih tinggi.

 

Netizen semakin heboh setelah mengetahui perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk menyewa jet pribadi tersebut. Dengan biaya sebesar itu, bisa saja dibuat untuk membeli rumah mewah.

Tak sedikit pula yang mempertanyakan keputusan pasangan ini untuk memamerkan kemewahan di tengah situasi yang sedang memanas di dalam negeri. Kritik pun muncul dari berbagai kalangan, mengingat sebagai bagian dari keluarga presiden, mereka dianggap seharusnya lebih bijak dalam menunjukkan gaya hidup di media sosial.

"GWS kalo kata gue teh indonesia beserta semua pemimpin dan keluarganya," ujar @hitzgirl

"buset dah hedon banget, pntes jd mantu sefrekuensi sih," kata @AzzurraPark

"Selama ini tertutup , eh mantu sendiri yang buka gaya Hedon keluarganya," tulis @enak_dah