Brilio.net -  Kontroversi seputar Universal Institute of Professional Management (UIPM) kembali mencuat. Kali ini, kampus yang baru-baru ini memberikan gelar kehormatan kepada Raffi Ahmad tersebut kedapatan menggunakan foto Gita Savitri tanpa izin di situs resmi mereka.

Warganet yang penasaran dengan latar belakang UIPM mulai menyelidiki kampus tersebut. Hasilnya cukup mengejutkan, mulai dari alamat yang tidak jelas hingga dugaan penipuan.

Salah satu temuan menarik adalah penggunaan foto Gita Savitri di laman Testimonials situs uipm.online. Foto YouTuber terkenal ini digunakan untuk profil seorang mahasiswa bernama Anita Sari.

gita savitri jadi mahasiswa uipm © 2024 brilio.net

foto: Instagram/@gitasav

Gita Savitri, yang merupakan lulusan S1 Kimia Murni dari Freie Universitat Berlin, tentu saja terkejut melihat fotonya digunakan tanpa izin. Namun, alih-alih marah, ia justru menanggapi situasi ini dengan santai.

Begitu mengetahui fotonya digunakan tanpa izin, Gita Savitri langsung membagikan penemuannya di Instagram Story. Ia memilih untuk menanggapi situasi ini dengan candaan.

Alih-alih marah atau mengancam akan mengambil tindakan hukum, Gita justru memilih untuk bercanda tentang identitas barunya. Responsnya ini tentu saja mengundang tawa dari para pengikutnya di media sosial.

gita savitri jadi mahasiswa uipm © 2024 brilio.net

foto: X/@naningnsr

"Mulai sekarang panggil ogut Anita Sari," tulis Gita Savitri.

Gita juga memberikan respons bernada satir di Intagram story-nya. Ia menyindir pihak kampus yang menyatut fotonya, sekaligus menyindir kredibilitas kampus yang tampak menipu tersebut.

"Sebagai alumni UIPM, saya, Anita Sari bisa mudah berkesempatan untuk bekerja di Jerman dan bersaing dengan orang-orang dari berbagai negara! Ini semua karena kualitas pendidikan UIPM yang berstandar internasional. Mau seperti saya? Kuliah aja di UIPM! Dijamin sukses! Sukses ngibulnya," tulis Gita yang tampak kesal.

gita savitri jadi mahasiswa uipm © 2024 brilio.net

foto: Instagram/@gitasav

Dapat disimpulkan, jika biodata mahasiswa di website tersebut hanyalah fiktif belaka. Pasalnya, foto yang digunakan adalah milik Gita Savitri. Kini, website UIPM sudah tidak dapat diakses lagi.

Pada bagian bawah foto, terdapat nama mahasiswa bernama Anita Sari. Tercantum pula testimoni mahasiswa bernama Anita Sari berbahasa Inggris yang seakan-akan Gita Savitri bersekolah di UIPM.

"Anita Sari. Sebagai seorang mahasiswa di Universal Institute of Professional Management (UIPM), saya sangat puas dengan kualitas pendidikan yang diberikan. Kurikulumnya terintegrasi dengan kebutuhan industri dan pengajaran dari para ahli di bidang tersebut benar-benar mempersiapkan saya untuk karier profesional. Selain itu, fasilitas yang disediakan sangat mendukung proses belajar saya. UIPM bukan hanya tempat untuk belajar, tetapi juga komunitas yang mendukung dan memotivasi mahasiswa untuk mencapai yang terbaik," tulis keterangan dalam website tersebut.

Sementara itu, kontroversi seputar UIPM terus bergulir. Kampus yang mengklaim memiliki cabang di Summarecon Bekasi ini masih menjadi tanda tanya besar bagi publik, terutama terkait kredibilitas dan legalitasnya.

Kasus Gita Savitri ini menambah daftar panjang kejanggalan seputar UIPM. Publik kini semakin waspada dan kritis terhadap institusi pendidikan yang menawarkan gelar atau sertifikat secara online.