Brilio.net - Pedangdut Inul Daratista mengungkapkan tantangan yang dihadapinya dalam perjalanan karier di dunia musik Indonesia. Mengingat masa-masa sulit saat awal berkarier, ia merasa terdorong untuk berbagi dengan pengamen di jalanan.

Inul menyebutkan bahwa ia selalu menyiapkan uang tunai di tasnya untuk diberikan kepada pengamen yang ditemuinya, dan kebiasaan ini dilakukannya setiap kali keluar rumah.

"Saya memang suka memberi uang kepada pengamen, setiap hari," kata Inul dikutip brilio.net dari KapanLagi pada Sabtu (20/7).

inul daratista siapkan 10 juta buat bantu pengamen © 2024 Instagram

foto: Instagram/@inul.d

Kebiasaan ini merupakan bentuk empati Inul terhadap mereka yang berjuang di jalanan. Pertemuan dengan pengamen selalu mengingatkannya pada masa lalu ketika ia sendiri sedang berjuang.

"Dulu saya tidak punya banyak uang, bekerja di kafe dangdut dari jam 8 malam sampai 2 pagi dengan bayaran hanya Rp 20 ribu. Nyanyi sampai kelelahan, gosong, dan honor hanya Rp 23 ribu," kenangnya.

Sebagai bentuk dukungan, Inul rutin menyiapkan Rp 10 juta di dompetnya untuk dibagikan kepada pengamen.

inul daratista siapkan 10 juta buat bantu pengamen © 2024 Instagram

foto: Instagram/@inul.d

"Biasanya saya simpan Rp 10 juta di dompet untuk diberikan kepada pengamen," ujarnya.

Inul berharap dengan kebiasaan ini ia dapat memberikan dorongan dan meringankan beban pengamen yang ditemuinya. Ia percaya bahwa berbagi adalah bentuk empati dan kepedulian yang paling baik.

Ia juga mengajarkan nilai berbagi ini kepada anaknya, dengan mengajaknya untuk memberi uang kepada pengamen atau pedagang asongan.

inul daratista siapkan 10 juta buat bantu pengamen © 2024 Instagram

foto: Instagram/@inul.d

"Kalau ada pengamen yang minta, saya ajarkan anak saya untuk memberi uang. Dengan cara ini, anak saya bisa meniru sikap peduli seperti yang saya contohkan," jelasnya.

Melalui kebiasaan sederhana ini, Inul Daratista berharap anaknya dapat tumbuh dengan sikap peduli dan dermawan, mengikuti teladan yang ia berikan. Inul menunjukkan betapa pentingnya berbagi dan membantu orang lain, terutama mereka yang berada dalam kesulitan.