Brilio.net - Sheikha Mahra Binti Mohammed Bin Rashid Al Maktoum, putri dari penguasa Dubai Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum, menyampaikan salam perpisahan sekaligus mengucapkan talak tiga kali pada suaminya. Gugatan kepada Sheikh Mana Bin Mohammed Bin Rashid bin Mana Al Maktoum diunggah sang istri melalui unggahan Instagram.

Pengumuman ini datang hanya dua bulan setelah kelahiran anak pertama mereka. Unggahan tersebut juga disertai alasan mengapa dia ingin bercerai dengan sang suami.

"Suami yang terhormat. Karena Anda sibuk dengan orang lain, saya dengan ini menyatakan perceraian kita. Saya menceraikanmu, saya menceraikanmu, dan saya menceraikanmu. Jaga dirimu. Mantan istrimu," tulis Sheikha Mahra dalam unggahan feed Instagramnya, @hhshmahra, dikutip brilio.net pada Sabtu (20/7).

Sheikha Mahra ceraikan suami via instagram © 2024 Instagram

Sheikha Mahra ceraikan suami via instagram
© 2024 Instagram/@hhshmahra

Pasangan yang menikah pada Mei 2023, beberapa waktu lalu baru saja merayakan kelahiran putri mereka. Mahra sebelumnya mengungkapkan kebahagiaan dan rasa syukurnya, atas karunia yang diterimanya selama melahirkan. Dalam foto unggahan itu, ia membagikan foto-foto penuh kasih suaminya saat menggendong bayi mereka yang baru lahir.

Namun, tanda-tanda keretakan rumah tangga mulai muncul beberapa minggu yang lalu, ketika Mahra memposting pesan samar di Instagram. Dalam foto tersebut, ia hanya mengunggah foto dirinya bersama bayinya.

Sheikha Mahra ceraikan suami via instagram © 2024 Instagram

Sheikha Mahra ceraikan suami via instagram
© 2024 Instagram/@hhshmahra

"Hanya kita berdua," tulisnya.

Berita perceraian mereka telah memicu kegemparan di media sosial. Rupanya, pasangan tersebut telah saling berhenti mengikuti (unfollow) dan menghapus semua foto bersama. Beberapa berspekulasi bahwa mereka telah saling memblokir, sementara yang lain mempertanyakan apakah akun Mahra telah diretas.

Wanita 30 tahun, yang dikenal atas advokasinya dalam pemberdayaan perempuan dan dukungannya untuk desainer lokal UAE, memegang gelar di bidang Hubungan Internasional dari universitas di Inggris, dan juga telah belajar di Sekolah Administrasi Pemerintahan Mohammed bin Rashid.

Setelah mengunggah ucapan tersebut, Sheikha mendapatkan banyak dukungan dari warganet. Mereka mendukung keputusannya untuk berpisah dari suaminya. Namun, tak sedikit pula yang mengecam tindakannya karena kekanakan.

Sheikha Mahra ceraikan suami via instagram © 2024 Instagram

Sheikha Mahra ceraikan suami via instagram
© 2024 Instagram/@hhshmahra

"Saya merasa diberdayakan ketika seorang wanita mengenali nilai dirinya dan dengan percaya diri mempertahankan pendiriannya," kata @martahamedofficial.

"Sudah saatnya untuk menormalisasi perceraian dalam Islam jika seorang wanita tidak bahagia dalam pernikahannya," kata @katerina_sty.

"Ini bukan awal dari bab baru dalam hidupmu.. Ini adalah awal dari sebuah buku baru.. selamat," kata @eng.majdaalbalushi.369.

"Sepertinya saya sedang membaca postingan yang ditulis oleh seorang remaja. Tidak ada rasa hormat diri, tidak dewasa, tidak ada refleksi diri. Menjadikan dirinya bahan lelucon untuk dinikmati dan digosipkan oleh semua orang," kata @islamic.psychologist.

"Anda tidak punya hak dalam Islam untuk mengajukan perceraian, Anda hanya bisa menerima perceraian," kata @sahil_bin_usman.