Brilio.net - Lucinta Luna mulai dikenal publik lewat sejumlah kontroversinya. Di awal kemunculannya, Lucinta Luna membantah habis-habisan mengenai status dirinya. Hingga akhirnya ditemukan fakta bahwa dirinya merupakan transgender yang dulu memiliki nama Muhammad Fattah.

Namun seiring ketenarannya, Lucinta Luna tampaknya sudah tak lagi menggubris apa kata orang mengenai dirinya. Dia pun tak mempermasalahkan soal masa lalunya yang terus diungkit. Bahkan kini Lucinta tampak lebih terbuka.

Baru-baru ini, Lucinta Luna kembali menyampaikan pernyataan yang membuat sejumlah orang tergelitik untuk berkomentar. Lewat podcast yang dipandu oleh Samuel Christ, Lucinta menceritakan banyak hal tentang dirinya. Host podcast memang sengaja mengundang Lucinta Luna sebagai transpuan dan Odi yang merupakan Transpria. Pembahasan sepanjang obrolan mengenai lika-liku berganti gender. Pada podcast tersebut, Lucinta Luna curhat terkait dilemanya saat hendak beribadah.

Lucinta Luna curhat bingung salat pakai sarung atau mukena berbagai sumber

Lucinta Luna curhat bingung salat pakai sarung atau mukena
YouTube/Samuel Christ

Menjadi Transpuan membuatnya bingung ketika hendak salat harusnya mengenakan sarung selayaknya laki-laki sesuai kodratnya, atau mengenakan mukena. Dia bahkan sampai menanyakan hal ini ke orang-orang yang paham agama karena takut salatnya tidak diterima.

"Kalau salat pun juga kadang aku bingung gitu loh, mau pake sarung atau mau mukenah," katanya dilansir dari YouTube Samuel Christ pada Kamis (25/7).

Untungnya ustadz ataupun yang ustazah tempat Lucinta Luna bertanya selalu berusaha menjawab tanpa menghakimi. Dalam ceritanya, dia hanya dianjurkan agar menggunakan pakaian yang layak saja.

"Tapi aku pernah nanya sama salah satu ustadzah atau ustadz gitu, waktu jaman-jaman aku di penjara ya. Kamu udah jadi wujud seperti ini ya, ustadz sama ustadzah gak bisa menghakimi kamu karena kita sama-sama manusia. Jadi pakailah pakaian yang layak untuk menghadapi Tuhan," lanjutnya.

Lucinta Luna curhat bingung salat pakai sarung atau mukena berbagai sumber

Lucinta Luna curhat bingung salat pakai sarung atau mukena
Instagram/@lucintaluna_manjalita

Selain itu, dia juga mengaku sedih, keputusannya untuk mengubah gender tersebut selalu dapat hujatan dari netizen. Bahkan tidak sedikit yang mengecapnya sebagai manusia hina. Lebih jauh, Lucinta bahkan mendapat teror.

"Bener-bener menghina sampai aku mau diteror lah, diginiin lah, diginiin. Aku tuh sedihnya kadang kayak depresian, kayak ngerasa kayak ya Allah kok semakin kesini, semakin gimana gitu kan," sambungnya.

Tidak ada cara lain bagi Lucinta selain tidak peduli dengan ujaran kebencian tersebut. Dia juga mengaku, saat ini sirkel pertemanannya juga dibuat sempit. Hal ini dilakukan demi menjaga mentalnya, dan meminimalisir mendengar kembali umpatan yang ditujukan kepadanya.

Lucinta Luna curhat bingung salat pakai sarung atau mukena berbagai sumber

Lucinta Luna curhat bingung salat pakai sarung atau mukena
Instagram/@lucintaluna_manjalita

"Jadi kayak kemarin aku ulang tahun biasanya kan, apa namanya itu, mewah, pesta gitu. Sekarang aku udah nggak, karena aku ngerasa kayak diri aku kayak semakin aku banyak money, aku semakin kayak tau temen-temen yang toksik, di saat aku lagi jatuh gitu, minta tolong pun aja, satupun gak ada gitu," imbuh Lucinta.

Meski sudah terlanjur menjadi wanita, dia mengaku bahwa punya rasa penyesalan. Karena itu, beberapa kali dia mengundang dan menyantuni anak-anak yatim. Bukan tanpa alasan, Lucinta minta didoakan agar dia bisa berubah menjadi lebih baik.

"Makanya pas kemarin aku ngundang-ngundang anak yatim, aku minta doa, minta ini. Di situ aku ngerasa kayak aku udah sadar gitu bahwa diri aku, tapi inilah penyesalan aku," pungkasnya.