Brilio.net - Kabar duka datang dari dunia animasi Jepang (anime). Pengisi suara Noriko Ohara yang dikenal berperan sebagai karakter Nobita di serial populer Doraemon meninggal dunia.

Dia menghembuskan napas terakhirnya pada 12 Juli 2024 di usianya yang ke-88 tahun. Meski begitu kabar meninggalnya Noriko Ohara baru diumumkan secara resmi oleh agensi 81 Produce melalui situs resminya pada Selasa (23/07).

"Aktor kami Noriko Ohara (nama asli: Noriko Tobe) meninggal dunia di usia 88 tahun pada 12 Juli 2024, setelah sekian lama menderita penyakit meskipun telah mendapatkan penanganan medis," tulis 81 Produce dalam keterangannya, dikutip dari Anime Corner.

Kepergian Noriko Ohara tentu meninggalkan duka mendalam bagi para penggemar Doraemon di seluruh dunia. Lebih dari sekadar pengisi suara, Ohara telah menghidupkan karakter Nobita dan menjadikannya bagian tak terlupakan dalam kisah Doraemon.

Mengenang sosok Noriko Ohara, berikut brilio.net akan mengulas fakta menariknya yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/7).

1. Debutnya sebagai pengisi suara anime.

Noriko Ohara pengisi suara Nobita © berbagai sumber

 

Noriko Ohara pengisi suara Nobita
81produce.co.jp

Lahir di Tokyo pada 2 Oktober 1935, Noriko Ohara memulai kariernya pada 1955. Peran pertamanya sebagai pengisi suara adalah dalam anime "Umeboshi Denka" pada 1962. Anime ini diproduksi di era awal animasi televisi Jepang, setahun sebelum debut "Astro Boy" pada 1963 yang dianggap sebagai anime TV pertama.

2. Memiliki kemampuan unik meniru suara anak laki-laki.

Meskipun seorang wanita, Ohara memiliki bakat luar biasa dalam menirukan suara anak laki-laki. Kemampuannya ini membuatnya cocok memerankan Nobita dan membuat karakternya terasa sangat natural dan meyakinkan.

3. Debut sebagai pengisi suara Nobita.

Noriko Ohara merupakan pengisi suara Nobita kedua setelah Yoshiko Ohta yang memerankan bocah kacamata tersebut pada serial edisi 1973-1979. Ohta yang menjadi pengisi suara Nobita pertama tersebut meninggal dunia pada 29 Oktober 2021 dalam usia 89 tahun.

Noriko Ohara mengisi suara Nobita dalam serial dan film Doraemon sejak 1979 hingga 2005. Selama 26 tahun, Noriko Ohara membawakan suara Nobita dengan penuh penjiwaan, menjadikannya salah satu pengisi suara paling ikonik dalam sejarah anime.

4. Jadi pengisi suara Nobita di usia yang tak lagi muda.

Noriko Ohara pengisi suara Nobita © berbagai sumber

 

Noriko Ohara pengisi suara Nobita
X/@CartoonEmpire_

Saat debut menjadi pengisi suara Nobita, Ohara sudah berusia 44 tahun. Ini merupakan awal yang cukup unik dalam industri seiyuu (pengisi suara anime) Jepang, mengingat banyak seiyuu yang memulai karier mereka di usia yang jauh lebih muda, seringkali di awal 20-an atau bahkan remaja. Namun Ohara membuktikan bahwa bakat tidak mengenal batasan usia.

5. Pengisi suara di anime lain.

Selain Nobita, Ohara juga mengisi suara banyak karakter lain sepanjang kariernya. Termasuk Conan dari "Future Boy Conan", Doronjo dari "Yatterman", Peter dari "Heidi, Girl of the Alps", Oyuki dari "URUSEI YATSURA", hingga Claudia LaSalle dari "Choujikuu Yousai Macross".

6. Penghargaan sebagai Seiyu.

Bakatnya menjadi pengisi suara mengantarkan Noriko Ohara mendapatkan penghargaan Seiyu yang pertama pada 2007. Setelah itu pada 2013, dia kembali memenangkan penghargaan lain yaitu Synergy Award berkat perannya yang mampu meningkatkan daya tarik pekerjaan akting suara secara keseluruhan.

7. Meninggalkan warisan abadi.

Meskipun telah meninggal dunia, suara Ohara sebagai Nobita akan selalu dikenang oleh jutaan penggemar Doraemon. Perannya tidak hanya membentuk karakter Nobita, tetapi juga memengaruhi industri pengisi suara anime secara keseluruhan. Bahkan Noriko Ohara bisa dikatakan sebagai pionir awal dalam bidang yang membuka jalan bagi banyak calon pengisi suara lainnya.