Brilio.net - Anji dan Wina Natalia telah resmi bercerai setelah menjalani 12 tahun pernikahan. Hal ini diputuskan oleh Pengadilan Cibinong, Jawa Barat pada Kamis, 18 Juli 2024. Adapun, hak asuh dua orang anak dari pernikahan ini jatuh ke tangan Wina Natalia.

"Jadi artinya perceraian yang dimintakan oleh Wina Natalia dikabulkan oleh Majelis Hakim," Kata Dadang Karim selaku Humas Pengadilan Agama Cibinong.

Selain mendapatkan hak asuh anak, Wina juga berhak menerima nafkah dari Anji. Tidak tanggung-tanggung, Anji berkewajiban memberi mantan istrinya tersebut Rp80 juta perbulan dengan kenaikan 10 persen setiap tahunnya.

Anji berikan Rp80 juta untuk kebutuhan rumah tangga  berbagai sumber

Anji berikan Rp80 juta untuk kebutuhan rumah tangga
YouTube/Deddy Corbuzier

Hal tersebut langsung dibenarkan oleh Anji saat berbincang dengan Deddy Corbuzier. Dalam podcast tersebut, Anji mengatakan bahwa segala kebutuhan rumah, sang mantan istri maupun anak, menjadi tanggung jawabnya.

"Dengan segala macam kebutuhannya, air, listrik, dan lain-lain, tetap gue bayarin. Anak-anak tetap gue bayarin," ucapnya dilansir dari YouTube Deddy Corbuzier.

Namun, Anji mengatakan ada hal yang tidak tercatat selain nafkah Rp80 juta tersebut. Dia mengaku, di surat pengadilan tidak tertulis bahwa dia harus menanggung kebutuhan mantan istri. Sementara sampai saat ini, kebutuhan seperti jajan, ke salon dan lain sebagainya masih Anji yang membayarnya.

Anji berikan Rp80 juta untuk kebutuhan rumah tangga  berbagai sumber

Anji berikan Rp80 juta untuk kebutuhan rumah tangga
Instagram/@duniamanji

Anji melanjutkan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk itu punya nilai yang lumayan. Karena itu, Deddy Corbuzier sampai mengatakan bahwa Wina sepertinya lebih diuntungkan saat bercerai daripada menjadi istri

"Kebutuhan, untuk kebutuhan pribadi mantan istri. Untuk dia pribadi kan dia juga butuh ke salon, butuh apa gitu," kata Anji.

"Lebih enak cerai dong sama lu," Deddy menimpali yang dibalas tertawa dengan Anji sambil mengatakan tidak begitu yang sebenarnya.

Anji melanjutkan, sebenarnya mantan istri mempertanyakan mengapa dia begitu rela melakukan hal demikian. Bebannya sebagai ayah sebenarnya sudah terpenuhi ketika memberi Wina rumah dan menafkahi anak-anak. Namun, Anji menjawab bahwa hal itu dilakukan sebagai bentuk ucapan terimakasih kepada Wina.

Anji berikan Rp80 juta untuk kebutuhan rumah tangga  berbagai sumber

Anji berikan Rp80 juta untuk kebutuhan rumah tangga
Instagram/@winatalia

"Yang pertama adalah karena ini rasa terima kasih aku untuk kamu. Udah nemenin aku selama ini," ujar Anji.

Pelantun lagu 'Dia' ini berujar bahwa meski sudah berpisah dia tidak akan bisa menghapus semua kenangan bersama mantan istri. Dia juga tidak ingin melihat Wina banting tulang untuk mencari uang. Sebab, dulunya Wina sempat memutuskan keluar dari pekerjaan saat menjadi istri Anji.

"Terus aku juga nggak pengen kamu harus gedebak-gedebuk mencari uang. Karena kan dia waktu itu memutuskan untuk keluar dari pekerjaan yang sangat baik loh, Mas," ujar Anji.

"Iya. Aku menghargai dia. Gue menghargai dia dan gue pengen dia tidak ribet," lanjutnya.

Anji turut membeberkan bahwa dia dan Wina memutuskan untuk bercerai bukan karena tidak lagi salin cinta. Baginya itu adalah langkah agar tidak lagi saling menyakiti.

"Gue mengerti bahwa perceraian ini adalah hal yang dibenci oleh Allah. Gue mengerti. Cerai bukan berhenti untuk saling mencintai, tapi berhenti saling menyakiti," pungkasnya.