Brilio.net - Malam tirakatan merupakan tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada malam menjelang 17 Agustus, warga biasanya berkumpul di berbagai tempat seperti balai desa, lapangan, atau area publik lainnya untuk begadang bersama sambil menunggu detik-detik proklamasi.

Tahun ini, perayaan malam tirakatan HUT RI ke-79 di Balai Desa Manukan, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta terbilang spesial. Pasalnya, warga setempat dimanjakan oleh 'konser' gratis Duta vokalis Sheila On 7 di kampung mereka.

Dilansir dari akun TikTok @puasari_20, terlihat Duta sedang berada di atas panggung menghibur para warganya yang tak lain adalah tetangganya sendiri. Tentu ini dia lakukan secara cuma-cuma tanpa mematok tarif profesional sebagai penyanyi.

Duta SO7 ngonser di kampung © TikTok

TikTok/@puasari_20

Tak tampak properti mewah, Duta bernyanyi sambil duduk di kursi plastik. Gayanya pun sangat sederhana bak bapak-bapak mau ronda. Ia hanya memakai topi berwarna hitam, jaket berwarna senada, dan celana hiking berwarna biru gelap, serta sandal berwarna hitam.

Duta SO7 ngonser di kampung © TikTok

TikTok/@puasari_20

Beberapa lagu Sheila On 7 yang dinyanyikan Duta pada malam tirakatan diantaranya adalah lagu "Dan", "Hari Bersamanya", dan "Melompat Lebih Tinggi". Lagu yang dinyanyikanya diiringi oleh dua gitaris secara akustik.

Tak sedikit pula warga yang antusias ikut bernyanyi. Suasana makin terasa meriah meski malam semakin larut, karena ada Duta yang memeriahkan acara tirakatan tersebut.

Duta SO7 ngonser di kampung © TikTok

TikTok/@puasari_20

Video momen Duta Sheila On 7 bernyanyi meramaikan acara malam tirakatan jelang 17 Agustus 2024 di Sleman, Yogyakarta itu langsung menuai beragam reaksi dari netizen. Sejumlah netizen mengaku iri dengan warga di wilayah tersebut, karena bisa merasakan acara malam tirakatan menyambut HUT ke-79 RI sambil menikmati konser gratis.

"klean war tiket so7, warga concat tinggal "mas, isi acara kelurahan ya" @potatomomm

"Kapan lagi tirakatan guest starnya duta sheila on 7," @sellanurulll

"konser paling sederhana," @ahmdmsdtt

"outfitnya bapak2 ronda abisss" bobamilk860

"Emang bener2 Pak Duta ni sederhana dan gak neko2 orangnya" kraftiadi

"the real artis yg ga prnah sombong," @ariska.mamane.aur

@puasari_20 Tirakatan isinya pentas seni aja Tirakatan isinya private konsernya om duta Yaa gimana yaa, balai padukuhan cuma sebrang rumahnya om duta aja sih #dutasheilaon7 #konsersheilaon7 #sheilaon7 #sheilagank #manukancondongcatur #condongcatur #omduta #sheilaon7concert #fyp #jogja24jam #jogjaistimewa #konserjogja @Sheila On 7 suara asli - Dddddd20