Brilio.net - Sebagai bagian keluarga Bakrie, kehidupan Nia Ramadhani memang selalu menjadi perbincangan publik. Bahkan sebelumnya bintang sinetron Bidadari itu viral karena tidak bisa membuka kulit salak dan tidak tahu istilah renceng.

Namun, kali ini bukan kemewahan atau ketidaktahuannya tentang hal-hal sederhana yang menjadi sorotan, melainkan karena kemandirian yang ditunjukkannya. Meskipun menjadi bagian dari keluarga konglomerat Indonesia, Nia tetap harus mengurus sendiri kebutuhan administrasinya. Termasuk dalam hal perjalanan ke luar negeri.

Dilansir brilio.net dari video yang diunggah oleh akun @miss_jvb, terlihat Nia diantar menggunakan mobil oleh seorang wanita ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Mengenakan kemeja putih dan rok cokelat panjang, Nia Ramadhani terlihat turun dari mobil sambil membawa sejumlah dokumen.

"Semangat Mama Nia interview di Kedutaan Amerika," tulis keterangan yang ada dalam video.

Nia Ramadhani urus visa © TikTok

TikTok/@miss_jvb

Melalui video tersebut juga terdengar celetukan wanita si perekam video tersebut sempat menyebut Nia Ramadhani sebagai tenaga kerja wanita (TKW) di Amerika Serikat.

"Lho lho lho TKW mau turun," kata teman Nia.

Nia pun menemui satpam yang menjaga di pintu gerbang sambil menunjukkan dokumen yang ia bawa. Wanita 34 tahun tersebut langsung dipersilahkan masuk dan berjalan masuk ke dalam area gedung.

Nia Ramadhani urus visa © TikTok

TikTok/@miss_jvb

Tak diketahui, hal yang terjadi di dalam saat Nia menjalani sesi wawancara. Pasalnya, temannya hanya bisa merekam dari dalam mobil sebelum Nia masuk ke dalam Kedubes AS.

Nia Ramadhani urus visa © TikTok

TikTok/@miss_jvb

Video yang ditonton lebih dari 5,9 juta kali inipun menuai reaksi warganet. Tak sedikit yang salut dengan Nia karena mengurus visanya sendiri tanpa menggunakan orang dalam alias ordal. Namun, ternyata banyak pula yang mengira Nia hendak mendaftar kerja, padahal ia hendak mengurus visa.

"Warga negara yang baik dan patuh pada peraturan yang berlaku, Tidak pake jalur OrDal, kalo memang harus interview beliau tetep datang untuk interview.. Salute," kata @erikaraaaa

"kedubes as emang ketat, gak bisa pake calo, harus datang wawancara sendiri," sahut @candysweet5550

"gw kira mau kerja soalnya kedutaan amerika lgi buka loker," komentar @dowarwerwor

"wkwkw interview visa mah cincai, gw kira interview kerja," ujar
@budakorporat22

"Lokasi nya deket kantor ku, tak kira mau wawancara kerja," timpal @fulkimasyuni

Seperti diketahui, proses urus visa Amerika Serikat memang terbilang ketat. Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia, Amerika menjadi tujuan utama bagi banyak orang, baik untuk berwisata, berbisnis, maupun menetap. Oleh karena itu, pemerintah AS menerapkan prosedur yang ketat untuk memastikan keamanan nasional, mencegah imigrasi ilegal, dan memverifikasi tujuan kunjungan setiap pemohon.

Penggunaan jasa calo dalam proses aplikasi visa AS pun sangat dilarang. Alasannya, pihak kedutaan perlu melakukan penilaian langsung terhadap setiap pemohon melalui wawancara tatap muka. Ini penting untuk memastikan keaslian informasi yang diberikan dan menilai kemampuan finansial serta niat kembali pemohon ke negara asal. Selain itu, larangan penggunaan calo juga bertujuan untuk mencegah penipuan, pemalsuan dokumen, dan potensi perdagangan manusia.