Brilio.net - Komika Pandji Pragiwaksono siap kembali menggelar stand-up comedy tour terbarunya yang bertajuk Mens Rea. Rencananya, tur ini digelar mulai April hingga Agustus 2025 mendatang. Dalam periode pertama penjualan yang dibuka pada 10 Agustus 2024 yang lalu, Comika Event selaku promotor tur tersebut mampu membuat sold out 9 dari 11 kota yang tersedia; yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bogor, Semarang, Balikpapan, Medan dan Denpasar.

Pandji Pragiwaksono gelar Stand-up Comedy Tour © 2024 brilio.net

foto: istimewa

Perebutan tiket paling sengit terjadi di pertunjukan kota Jakarta, di mana tiket kategori DIAMOND yang dibanderol seharga Rp1.700.000 full booked dalam 5 menit dan sold out dalam 10 menit. Sementara kategori GOLD dan SILVER yang masing-masing dibanderol dengan harga Rp550.000 dan Rp350.000 full booked dalam 15 menit, dan sold out dalam waktu kurang dari 20 menit.

Sisa kategori lainnya yakni PLATINUM, RUBY, SAPPHIRE, dan EMERALD, sold out dalam hitungan waktu kurang dari dua hari kemudian. Total, Comika Event menjual 4.000 tiket untuk pertunjukan Mens Rea kota Jakarta saja.

 

“Senang sekali melihat antusiasme masyarakat Indonesia bukan hanya terhadap pertunjukan saya, namun juga terhadap pertunjukan stand-up comedy yang membahas politik,” kata Pandji Pragiwaksono dalam keterangan terteulis yang diterima Brilio.net pada Selasa (20/8).

Meski memuaskan, punggawa Comika Event tetap harus bersiap untuk strategi penjualan selanjutnya yang lebih menantang. Event Manager dari Comika Event, Wirsad Hafiz, bersyukur atas kerja keras dari talent yakni Pandji Pragiwaksono dan Comika dalam mempersiapkan penjualan tiket periode pertama ini. Khususnya strategi promosi dan marketing yang diramu bersama, dengan banyak pertimbangan dan perhitungan sehingga bisa menjangkau calon penonton yang lebih luas.

"Namun tentunya, kami tidak bisa terlena karena masih harus mempersiapkan periode penjualan berikutnya untuk mencapai 10.000 penonton offline,” ujarnya Wirsad Hafiz.

Mens Rea sendiri merupakan bentuk pengembangan IP (intellectual property) dari Pandji Pragiwaksono yang pembahasan utamanya adalah politik. Di pertunjukan stand-up comedy kesepuluhnya ini, Pandji akan lebih blak-blakan dalam mengkritik dan tak akan sungkan untuk menyebut nama politisi.

Citra ini telah dibangun sejak beberapa waktu yang lalu dengan tampil di kanal Youtube para pesohor dan membawa diskursus soal politik yang lebih berani. Pandji Pragiwaksono sendiri adalah komika yang telah menggelar 9 pertunjukan spesial, di mana yang paling baru yakni Komoidoumenoi Jakarta yang diadakan di Istora Senayan, menjaring lebih dari 7.000 penonton offline dan hampir 3.000 penonton online.

Untuk Mens Rea Jakarta yang akan digelar di Indonesia Arena, Comika Event merencanakan bakal menjaring 10.000 penonton secara offline. Tak cuma itu, ada tiga kategori tiket premium berupa ruangan khusus yakni ROYAL BOX, SKY BOX, dan SUITE ROOM, yang disediakan untuk pengalaman nonton dengan kenyamanan maksimal.

“Kesenian stand-up comedy levelnya sudah semakin tinggi. ROYAL BOX, SKY BOX, dan SUITE ROOM adalah bukti bahwa stand-up comedy sudah diterima masyarakat sebagai hiburan premium,” ujar Pandji.