Brilio.net - Mamah Dedeh hadir dalam acara tedak siten Azura anak kedua Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Dalam kesempatan tersebut, ia dan Atta sempat berbincang mengenai haji. Rupanya, saat haji kemarin, ia bertemu dengan anak pertama keluarga Gen Halilintar dan juga Thariq.

Dalam perbincangan mereka, Mamah Dedeh mengakui jika dirinya hampir setiap tahun ke Mekkah. Di Kota Suci tersebut ia menjalani ibadah haji di depan Ka'bah.

Rupanya, Mamah Dedeh sudah naik haji sebanyak 33 kali, lho. Pemilik nama lengkap Dede Rosidah tersebut sudah menunaikan ibadah tersebut sejak tahun 70-an.

"33 kali," kata Mamah Dedeh saat ditanyai Atta sudah berapa kali menunaikan Haji.

mamah dedeh naik haji 33 kali © 2024 TikTok

mamah dedeh naik haji 33 kali
© 2024 TikTok/@attahalilintar

Mendengar jawaban tersebut, Atta dibuat terkejut. Ia sampai melongo lantaran pendakwah tersebut sudah naik haji lebih banyak daripada yang ia kira.

"33 kali haji? Dari umur berapa, nek?" tanya Atta.

Mamah Dedeh sudah menjalankan haji sejak tahun 70-an. Bahkan, kini anak-anaknya sudah bergelar haji. Bolak-balik ke Mekkah sudah menjadi kegiatan rutinnya.

"Dari tahun 70-an. Alhamdulillah bolak-balik," jawabnya.

Mengenai naik haji berkali-kali, Atta mempertanyakan hukumnya. Pasalnya, ada yang tidak memperbolehkan haji berkali-kali lantaran mengambil jatah orang lain.

Namun, Mamah Dedeh berpendapat naik haji diperbolehkan dilakukan secara sering. Bahkan lebih banyak, justru semakin baik. Buatnya, salah ketika jika naik haji tapi tidak berbagi kepada orang lain.

mamah dedeh naik haji 33 kali © 2024 TikTok

mamah dedeh naik haji 33 kali
© 2024 TikTok/@attahalilintar

"Salah, yang salah itu kalau kita haji tapi nggak berbagi. Nenek itu, Ta, tiap bulan aja berangkatin umrah minimal 4 orang," ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, ceramah Mamah Dedeh menegur penonton yang bertanya di acaranya kembali viral di media sosial. Mamah Dedeh tampak dengan keras menegur penonton yang memperkenalkan dirinya sebagai hajjah. Buatnya, sebutan tersebut bentuk dari kesombongan.

"Apa kita pulang solat dipanggil bu solat, apa kita habis zakat dipanggil bu zakat? Apa kita habis puasa dipanggil ibu puasa? Pernahkan dalam Al-Qur'an, dalam hadist, habis pulang haji dipanggil bu haji? Nabi Muhammad, rasul kita, nggak pernah dipanggil Haji Muhammad. Itu kesombongan," ungkapnya.

Dalam acara ceramah yang berbeda, Mamah Dedeh sebetulnya memperbolehkan pemanggilan haji dan hajah sebagai penghormatan. Namun, kondisinya ketika orang lain yang berkenan tanpa diminta.

mamah dedeh naik haji 33 kali © 2024 TikTok

mamah dedeh naik haji 33 kali
© 2024 TikTok/@attahalilintar

"Ini khusus di negara kita, yang namanya pulang haji sebagai penghormatan dipanggil ibu ajjah, dipanggil bapak haji. Boleh silakan. Tapi bukan kita yang minta, kalo orang manggil kita haji tidak masalah," jelas wanita berusia 74 tahun, dikutip dari @officialmnctv.

Baginya, yang terpenting saat sudah menunaikan ibadah haji, orang tersebut mampu menjadi pelindung bagi keluarga dan masyarakat.

"Yang namanya haji, atap ibaratnya. Artinya apa? Kalau kita sudah haji, jadilah pelindung buat keluarga, warga masyarakat kita. Jadilah ketika jadi haji melindungi orang sekelilingmu," pungkasnya.

Kerendahan hati Mamah Dedeh yang sudah 33 kali tapi tak sedikit pun menyebut dirinya hajah menuai pujian dari warganet. Dalam kolom komentar konten video Atta, mereka memuji sikapnya.

"33x Haji, tp ga mau ti panggil Haji.. luar biasa mamah dedeh," puji meilany_80.

"33 x haji tp gak prnh mau dipanggil hajjah mma dedeh beda sm yg ono ya,mamake dgn bangga nyaaa," kata @maya.jaka.

"Tapi alhamdulillah mamah dedeh tidak mengharuskan orang memanggilnya Hajah mamah dedeh," kata @lailatulnur11.

@attahalilintar

Mamah curhat dong… sama yang udah 33x hajii... banyak pelajaran dari mamah

original sound - Atta Halilintar