Brilio.net - Jennifer Coppen masih dibalut perasaan duka usai ditinggal suaminya Yitta Dali Wassink. Kabar meninggalnya sang suami sangat mengejutkan baginya, terlebih mereka belum genap satu tahun menjalani bahtera rumah tangga. Diketahui, Dali meninggal usai mengalami kecelakaan motor di Bali pada Kamis (18/7) lalu.

Pria yang kerap disapa Papa Dali itu meninggal dalam keadaan Islam. Ia ketahui mengucapkan dua kalimat syahadat pada September 2023. Pada momen pemakamannya, Dali awalnya disemayamkan di dalam sebuah peti.

Meski sudah memeluk agama Islam, proses pemakaman ayah dari Kamari ini dilangsungkan dengan cara dikremasi di salah satu krematorium di Nusa Dua Bali. Banyak yang tentunya mempertanyakan proses pemakaman ini, sehingga isu terkait dikremasinya Papa Dali pun menjadi topik yang ramai diperbincangkan di media sosial.

klarifikasi Jennifer Coppen dali dikremasi berbagai sumber

foto: TikTok/@hhoneybunnysweetyyyyy

Banyak netizen yang menyarankan hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Terlebih Dali meninggal dalam keadaan Islam. Sudah sebaiknya diurus dan diperlakukan dengan ketentuan yang ada dalam Islam.

Menanggapi hal tersebut, Jennifer Coppen akhirnya angkat bicara. Bersamaan dengan proses larung jenazah Dali yang sudah dikremasi di Pantai Lembeng pada Minggu (21/7), Jennifer menyampaikan alasan mengapa suaminya tidak dimakamkan menurut tata cara Islam. Dalam penjelasannya, Jennifer mengatakan jika itu adalah permintaan dari Dali sendiri.

"Soal kenapa Papa Dali dikremasi aku mau minta kalian hargai aja keputusan keluarga dan itu memang permintaan Papa Dali," ungkapnya dikutip brilio.net pada Senin (22/7).

klarifikasi Jennifer Coppen dali dikremasi berbagai sumber

foto: Instagram/@jennifercoppenreal20

Jennifer mengetahui betul bahwa suaminya seorang mualaf. Meski dikremasi, semasa hidup Dali adalah orang yang banyak belajar tentang agama Islam. Berbagai kegiatan Dali yang mengikuti tata cara Islam pun dibeberkan oleh Jennifer.

"Memang Papa Dali mualaf. Papa Dali baru belajar agama Islam dan dia belajar kok guys. Sebelum makan dia baca bismillah. Sebelum Kamari makan disuruh baca bismillah, masuk rumah bilang Assalamualaikum," imbuh Jennifer.

klarifikasi Jennifer Coppen dali dikremasi berbagai sumber

foto: Instagram/@jennifercoppenreal20

Sambil terisak, Jennifer mengakui kalau suaminya masih belum benar-benar memahami agama barunya. Banyak sekali ajaran-ajaran Islam yang belum diketahui. Hal ini jugalah yang menurut Jennifer membuat Dali memberi wasiat untuk dimakamkan dengan cara kremasi.

"Karena belum belajar banyak, jadi Papa Dali belum terlalu mengerti tentang agama Islam dan memang itu permintaan terakhir Papa Dali itu maunya dikremasi," tuturnya.

Untuk itu, ia minta kepada netizen agar menghormati keputusan tersebut. Saat ini, ia hanya meminta agar suaminya didoakan dan tenang di alam sana. Jennifer juga mengaku ia turut mendoakan mendiang suami dengan membuat tahlilan di rumahnya.

"Jadi tolong hargai keputusannya Papa Dali, sekarang Papa Dali udah tenang," ujar Jennifer.

"Tolong ikhlasin ya guys ya, tolong bantu doain juga. Jangan henti-hentinya doain, aku juga cuman mau ngelurusin ada yang bilang kalau aku nggak bikin tahlilan. Aku bikin kok di rumah, bikin kok cuman kan nggak semuanya bisa aku posting," pungkasnya.