Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap kedatangan YouTuber terkenal asal Amerika, IShowSpeed, ternyata disambut hangat oleh pemerintah. Hal ini terlihat dari unggahan Menparekraf, Sandiaga Uno, di media sosialnya.

Dalam postingan di akun X (Twitter) @sandiuno, Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa kedatangan IShowSpeed, yang bernama asli Darren Jason Watkins Jr, dapat membawa Indonesia ke pentas dunia. Namun, tanggapan positif ini tidak diterima baik oleh Reza Arap, anggota grup musik Weird Genius, yang merasa dirinya telah berjuang keras untuk mendatangkan IShowSpeed ke Indonesia.

Reza Arap mengungkapkan kekecewaannya terhadap Kemenparekraf yang baru memberikan pujian setelah IShowSpeed sukses melakukan live streaming yang menampilkan keragaman budaya lokal Indonesia. Ia merasa bahwa seharusnya dukungan pemerintah sudah ada sejak awal.

Sandiaga Uno pamer kedatangan IShowSpeed, malah kena sentil Reza Arap

foto: dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf

Sandiaga Uno menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap IShowSpeed, terutama saat ia berada di Kota Tua Jakarta dan Bali. Sandiaga mengagumi cara IShowSpeed menghargai budaya Indonesia, seperti saat ia makan nasi padang dengan cara yang lucu dan ikut menari tari kecak.

“Dari makan nasi padang pakai cara kocak, sampai keciduk heboh ikutan tari kecak. Asyiknya El Kecepatan main #DiIndonesiaAja bikin pengen ikutan!” tulis Sandiaga Uno dalam cuitannya.

Ia juga memberikan informasi singkat tentang IShowSpeed, yang lahir pada 21 Januari 2005 di Cincinnati dan mulai aktif di YouTube sejak usia 11 tahun. Popularitasnya meroket pada 2021 berkat video livestream yang viral.

“Reaksi heboh, tingkah tak terduga, dan komentarnya yang blak-blakan bikin Speed punya banyak pengikut bahkan sampai puluhan juta subscriber!” tambahnya.

Sandiaga Uno pamer kedatangan IShowSpeed, malah kena sentil Reza Arap

foto:dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf

Sandiaga Uno juga berharap kedatangan IShowSpeed akan semakin memperkenalkan Indonesia ke dunia. “Salah satu streamer paling terkenal ini memang sedang membuat jadwal tour Asia Tenggara, salah satunya ke Indonesia yang bikin heboh di mana-mana,” ujarnya.

“Semoga kehadiran Speed bikin Indonesia makin dikenal dunia!” sambungnya.

Sandiaga Uno pamer kedatangan IShowSpeed, malah kena sentil Reza Arap

foto: Instagram/ybrap

Namun, Reza Arap merasa bingung dengan sikap Sandiaga Uno. Ia mengaku tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah saat mendatangkan IShowSpeed. “Kemana saja, pak? saya urus semua sendiri pakai koneksi, relasi, dan financial saya yang tidak mungkin sebesar Kemenparekraf,” tulisnya.

Reza juga mengkritik Kemenparekraf yang baru muncul setelah semua selesai. “Saya ga butuh credit. Tapi kalian kemana saja?” ungkapnya. Ia juga menyoroti batalnya kunjungan IShowSpeed ke Papua, yang seharusnya menjadi kesempatan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

“Kemana aja waktu speed day 1 harusnya dibantu, dia promosiin negara kita sektor pariwisata tapi pengawalan dan koneksinya kurang,” tambah Reza.

Sandiaga Uno pamer kedatangan IShowSpeed, malah kena sentil Reza Arap

foto:YouTube/IShowSpeed

IShowSpeed sebelumnya melakukan tur siaran langsung di beberapa negara Asia Tenggara setelah tur di Eropa. Ia melakukan berbagai kegiatan di Indonesia, mulai dari wisata ke Kota Tua hingga Pasar Baru, dan menikmati makanan serta budaya lokal.

IShowSpeed menyatakan bahwa siaran langsungnya di Indonesia adalah pengalaman terbaiknya, dengan jumlah penonton yang mencapai sejuta. “I LOVE YALL INDONESIA MY BIGGEST STREAM EVER,” ungkapnya.