Brilio.net - Saat ini sedang berlangsung pendaftaran pasangan calon untuk Pilkada 2024. Sejumlah partai politik sudah mengumumkan dukungannya di berbagai daerah. Termasuk, Riza Patria yang akan dipasangkan dengan Marshel Widianto untuk maju di Pilkada Tangerang Selatan.

Namun, detik-detik terakhir pendaftaran, Riza dan Marshel disebut batal maju sebagai kontestan Pilkada 2024. Hal ini disampaikan langsung Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani sebagai salah satu partai yang turut mendukung Riza-Marshel. Dia membenarkan mundurnya Riza-Marshel dan mengalihkan dukungan partainya ke paslon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.

"Informasi mundurnya Pak Ariza Patria pada kontestasi Pilkada Tangsel ini benar. Oleh karena itu terjadi peralihan dukungan di Pilkada Tangsel dari Riza - Marsel menjadi Benyamin - Pilar," kata Kamhar dikutip dari liputan6.com pada Rabu (28/8).

Riza Patria dan Marshel Widianto batal maju Liputan 6

Riza Patria dan Marshel Widianto batal maju
liputan6.com

Kabar mundurnya Riza-Marshel ini bisa terbilang mendadak, apalagi terjadi pada detik-detik terakhir. Kamhar mengatakan bahwa hal tersebut memang lazim terjadi sebagai dinamika di Pilkada.

"Ini dinamika yang lazim terjadi pada Pilkada, sering perubahan dan pergeseran itu terjadi di menit-menit terakhir," lanjutnya.

Riza Patria dan Marshel Widianto batal maju Liputan 6

Riza Patria dan Marshel Widianto batal maju
liputan6.com

Sebelumnya, pasangan Riza-Marshel mendapat dukungan dari beberapa partai, termasuk Gerindra, Demokrat, PSI, PAN, dan PKS. Namun, dalam perkembangannya, PKS yang telah memberikan surat rekomendasi memutuskan untuk menarik dukungannya dan mengusung kadernya sendiri, yaitu pasangan Ruhamaben-Shinta Wahyuni Chairuddin.

"Betul (pengalihan dukungan). Pada prinsipnya, PKS mengikuti arahan DPP saja," ungkap Ketua PKS Kota Tangsel, Dadang Darmawan.

Marshel sendiri merupakan calon wakil walikota Tangsel yang sering mendapatkan kritik dari teman-teman seprofesinya. Banyak yang menyebut, bahwa dirinya belum siap untuk menjadi pemimpin sebuah daerah. Terlebih, teman-temannya juga mengungkap, Marshel punya rekam jejak masa lalu yang kurang baik.

Riza Patria dan Marshel Widianto batal maju Liputan 6

Riza Patria dan Marshel Widianto batal maju
iputan6.com

Namun, detik-detik sebelum pendaftaran, Marshel mengaku bahwa ia makin siap dan optimis untuk maju sebagai calon Wakil Walikota Tangsel. Pendaftaran pasangan calon di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dibuka dari tanggal 27 Agustus hingga 29 Agustus 2024.

"Menjelang pendaftaran, saya makin siap," ungkap Marshel Widianto di Gedung DPRD Jakarta.

"Saya makin optimis memajukan Tangerang Selatan bersama Ariza," tambahnya.