Brilio.net - Baru-baru ini beredar rekaman CCTV di media sosial yang diduga seorang petugas keamanan memukul anjing di Plaza Indonesia. Dalam video tersebut, terlihat seorang satpam pusat perbelanjaan berusaha menyelamatkan anak kucing yang hampir diterkam oleh anjing K9. Sebagai informasi, anjing K9 digunakan dalam operasional keamanan.

Namun, video tersebut mendapat pandangan yang berbeda dari warganet terutama para selebriti Tanah Air, salah satunya Robby Purba. Lewat akun Instragramnya, Robby Purba mengunggah video tersebut dan menjadi viral di media sosial. Banyak warganet yang memberikan reaksi bernada kemarahan pada aksi satpam tersebut.

Tak berlangsung lama, pihak Plaza Indonesia pun memberikan reaksi atas viralnya kejadian tersebut. Dalam keterangannya, mal yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat tersebut memecat sang satpam. Belakangan diketahui, jika pemukulan yang dilakukan sang satpam sebagai bentuk perlindungan, karena anjing tersebut menyerang seekor anak kucing.

Insiden tersebut pun kini menuai pro dan kontra. Banyak warganet yang menyerang Robby Purba lantaran memviralkan video tersebut tanpa menyelidiki kebenarannya. Lantas bagaimana kronologi sebenarnya? Berikut ulasan lengkapnya, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (9/6).

1. Berawal dari unggahan Robby Purba.

Kronologi satpam Plaza Indonesia © Instagram

foto: Instagram/@robbypurba

Insiden pemukulan yang dilakukan seorang satpam pada seekor anjing ini ramai jadi sorotan setelah diunggah Robby Purba. Lewat unggahannya, presenter berusia 37 tahun ini mengecam aksi satpam yang disebutnya sebagai kekerasan pada hewan. Ia dengan tegas juga meminta agar insiden tersebut diselidiki dan dipertanggungjawabkan.

Unggahan tersebut pun viral di media sosial dan membuat warganet bersuara. Banyak yang sepakat dengan pendapat Robby Purba dan menuntut pihak mal mengusut tuntas insiden tersebut.

2. Pihak mal beri tanggapan.

Kronologi satpam Plaza Indonesia © Instagram

foto: Instagram/@plazaindonesia

Menanggapi respon dan sorotan dari warganet, pihak Plaza Indonesia memberikan tanggapan dan klarifikasi melalui platform Instagram milik mereka. Dalam unggahannya, pihak Plaza Indonesia meminta maaf dan akan melakukan penyidikan lebih lanjut untuk tindakan yang terjadi di mal tersebut.

"Kami menyadari adanya video yang terjadi di Plaza Indonesia yang telah beredar. Kami menyesali kejadian seperti ini dan memohon maaf segala ketidaknyamanan yang terjadi," pada unggahan Instagram @plazaindonesia pada Kamis (6/6).

"Saat ini kami sedang menyelidiki masalah ini secara menyeluruh dan akan mengambil tindakan tegas disiplin yang sesuai terhadap mereka yang terlibat. Kami akan memberikan info lebih lanjut seiring dari perkembangan situasi," imbuhnya.

3. Satpam mal dipecat karena tindakannya.

Atas tindakannya yang ramai menjadi sorotan warganet apalagi setelah diunggah ulang oleh Robby Purba. Pihak mal mengambil langkah tegas dengan memecat sang satpam, yang diketahui bernama Nasarius. Tak hanya itu, pihak mal juga menghentikan kontrak dengan vendor K9 sekuriti akibat insiden pemukulan anjing di komplek mereka.

"Kepada pelanggan yang kami hormati, dengan ini kami kembali memohon maaf terhadap kejadian yang melibatkan vendor sekurity K9 di kompleks kami. Fay, Belgian Malinois yang berusia 2 tahun sudah bersama kami sejak Januari 2024. Kami selalu menjunjung tinggi integritas dan memberikan standar terbaik dan etis tanpa membenarkan berbagai bentuk kekerasan pada hewan," tulisnya dalam pernyataan dalam unggahan.

4. Satpam mal mengaku pukul anjing untuk selamatkan anak kucing.

Kronologi satpam Plaza Indonesia © Instagram

foto: YouTube/liputan6.com

Usai tindakannya viral di media sosial, Nasarius memberikan klarifikasi terkait kejadian yang membuat geger warganet. Dilansir dari liputan6.com, Nasarius menyampaikan permintaan maaf dan menjelaskan alasan dirinya memukul anjing tersebut. Diketahui dari video tersebut, dirinya berusaha menyelamatkan seekor anak kucing yang hendak diterkam oleh anjing berwarna cokelat tersebut.

“Saya pukul dia supaya berhenti terkam anak kucing," ucapnya dalam video permintaan maaf.

5. Kronologi sebenarnya.

Video yang diunggah oleh akun @lensa_berita_jakarta menunjukkan anjing penjaga berwarna kecokelatan mendekati objek hitam kecil yang diduga anak kucing. Nasarius yang melihat kejadian tersebut berusaha memisahkan kedua hewan tersebut dengan sigap, yang berujung pada insiden pemukulan terhadap anjing K9.

Dalam CCTV secara keseluruhan sebenarnya terlihat jelas, bahwa security tersebut sedang menyelamatkan seekor kucing. Namun dari potongan video yang diunggah Robby Purba memperlihatkan persepsi yang berbeda. Nasarius menjelaskan bahwa tindakannya dilakukan untuk mencegah Fey menerkam anak kucing. Namun, bak nasi sudah menjadi bubur, dirinya dipecat dari pekerjaannya tersebut.

6. Robby Purba dihujat karena opininya.

Meskipun ada beberapa publik figur yang mengecam tindakan pemukulan anjing tersebut, hanya Robby Purba yang mendapat hujatan dari warganet karena opininya. Sebab, setelah Nasarius memberikan permintaan maaf, baru terungkap alasan mengapa ia memukul anjing tersebut. Banyak warganet yang berpendapat jika unggahan Robby Purba membuat Nasarius kehilangan pekerjaannya.

"Yg viralin tetap lanjut dengan hidup nya, yg satpam di pecat dari sumber penghasilan nya," tulis akun @gabrllz

"Susah bener minta maaf ya, kalo ego udah tinggi wkwkwk," komentar akun @alfianrespa

"Susah amet minta maaf???" tanggapan akun @mula_imami

"Lebih bela hewab drpda manusia mgkin hewan lbih brharga dri manusia," ujar akun @dickymuhtar_

"Mas robii kasih pekerjaan ga ?!!!! kasian tau masa memanusiakan manusia ga bisa," kata akun @yriddha

7. Robby Purba beri klarifikasi.

Kronologi satpam Plaza Indonesia © Instagram

foto: Instagram/@robbypurba

Meskipun banjir hujatan oleh warganet, Robby Purba tetap kokoh dengan opininya dan memberikan sebuah klarifikasi melalui Instagram-nya. Menurutnya, cara yang digunakan untuk menyelamatkan anak kucing dari gigitan anjing tersebut juga keliru karena satpam memukul anjing untuk melepaskan gigitannya. Robby menyatakan bahwa ada cara lain yang lebih tepat, yakni menggunakan alat untuk melepaskan gigitan anjing.

"Video yang di igs ci @marlenehariman itu beda beda video sama yang di post @nandapersada. Dan sudah confirm langsung ke GM nya. Jadi yuk kita jangan gampang digiring-giring, pun kalau misal yang soal kucing SOP nya tidak benar langsung digebuk itu K9!!!! Jadi sudahlah buat oknum-oknum yang mau cari pembelaan, sekarang kita lihat saja dari harness saja sudah salah, cara handle juga sudah salah," tulis Robby di Instagram.

Pembelaan yang dilakukan oleh Robby Purba muncul setelah dirinya menerima banyak komentar negatif. Banyak orang merasa kasihan pada satpam tersebut karena diberhentikan dari pekerjaannya.

8. Robby Purba ancam laporkan ke polisi netizen yang membully-nya.

Kronologi satpam Plaza Indonesia © Instagram

foto: X/@dhemit_is_back

Mendapat hujatan terus menurus, Robby Purba memberikan tanggapan pada komentar warganet. Presenter kelahiran 1987 ini berencana melaporkan pengguna media sosial yang memberikan kritik secara berlebihan. Dalam pernyataan berikutnya, Robby menyinggung kemungkinan adanya penyesalan bagi mereka yang telah mengomentari.

 

“Teman-teman yang kemarin bully aku, janji jangan dihapus ya biar nanti teman-teman sedikit menyesal," kata Robby dalam sebuah video.

Robby Purba juga menjelaskan bahwa dirinya sudah berkonsultasi dengan kepolisian untuk membahas kritik berlebihan publik yang ia dapat. Robby Purba juga dalam penghujung video turut menegaskan bahwa dirinya akan tetap melawan segala bentuk kekerasan terhadap hewan.