Brilio.net - Lewat sejumlah unggahannya di Instagram, Bunga Zainal menyampaikan kesedihannya lantaran dikhianati orang terdekat. Tidak main-main, ibu dua anak ini mengaku kehilangan Rp 15 miliar, yang mana itu merupakan uang yang disiapkan untuk masa depan anak-anaknya. Hal yang membuatnya semakin terpukul adalah, uang tersebut raib karena ditipu oleh orang terdekatnya.

Atas kejadian tersebut, Bunga langsung mengambil langkah hukum. Dia telah melaporkan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya pada 22 Agustus 2024. Laporannya terdaftar dengan nomor LP/B/4972/VIII/2024/SPKT/Polda Metro Jaya.

Bunga menjelaskan bahwa pelaku merupakan teman dekatnya, bernama CD dan suaminya SFS. Cerita bermula saat Bunga dan suaminya berkenalan dengan terlapor. Pertemuan mereka dimulai sekitar tahun 2020 di Bali. Setelah itu, mereka memang sering makan dan nongkrong bersama.

"Kedekatan tersebut kemudian dimanfaatkan oleh para terlapor untuk mengajak saya berinvestasi pada proyek pengadaan. Saya kemudian menyetujui untuk berinvestasi dengan mengirimkan uang secara bertahap dari 2022 hingga 2024," ujar Bunga Zainal dikutip dari konferensi pers yang diposting akun @bungazainal05 pada Kamis (29/8).

Bunga Zainal jelaskan kronologi hilangnya uang Rp15 M berbagai sumber

Bunga Zainal jelaskan kronologi hilangnya uang Rp15 M
kapanlagi.com

Hubungan mereka kian dekat hingga akhirnya Bunga Zainal diajak berbisnis oleh CD dan SFS pada 2022. Wanita kelahiran 23 Maret 1987 itu berinvestasi dalam proyek pengadaan barang yang saat itu sama-sama dikerjakan.

Karena merasa dekat, Bunga setuju dengan tawaran tersebut dan akhirnya mengirimkan uang secara bertahap dari 2022 hingga 2024. Awalnya kerja sama mereka berjalan dengan lancar, Bunga juga mendapatkan bagian keuntungan sesuai kesepakatan. Hingga Mei 2024, Bunga mulai menemukan kejanggalan dari bisnis tersebut. Hasil dari keuntungan yang ditransfer mulai berbeda dari perjanjian awal.

Bunga Zainal jelaskan kronologi hilangnya uang Rp15 M berbagai sumber

Bunga Zainal jelaskan kronologi hilangnya uang Rp15 M
kapanlagi.com

Pada Juli 2024, masalah mencapai puncaknya ketika Bunga Zainal tidak lagi menerima bagian keuntungan dari dua rekan bisnisnya. Bunga kemudian mengundang mereka untuk bertemu pada 8 Agustus 2024 guna mencari kejelasan, tetapi pertemuan tersebut tidak menghasilkan solusi apa pun.

Setelah pertemuan, Bunga Zainal mengirimkan teguran tertulis kepada kedua rekan bisnisnya agar segera menyelesaikan masalah tersebut. Namun, Bunga kembali tidak menerima tanggapan yang diharapkan. Dalam perhitungannya, dia mengalami kerugian sebanyak Rp15 M.

"Profit tidak dibayarkan terlapor sepenuhnya kepada saya. Bersamaan dengan itu, saya juga dikejutkan dengan adanya cerita dari korban-korban lain yang memiliki nasib serupa dengan saya," tutur Bunga Zainal.

Bunga sangat sedih karena uang tersebut juga merupakan tabungan yang dikumpulkan untuk pendidikan anak-anaknya, Karan Pradhi Singh dan Harmeel Pradhi Singh. Karena itu, Bunga merasa sangat menyesal atas kejadian tersebut.

Bunga Zainal jelaskan kronologi hilangnya uang Rp15 M berbagai sumber

Bunga Zainal jelaskan kronologi hilangnya uang Rp15 M
Instagram/@bungazainal05

"Emang bener-bener saya kumpulin buat anak-anak saya, bahkan salah satu dana yang suami saya keluarin itu dana pendidikan anak saya, ini ketika terjadi mental saya kayak gak sehat aja," ucap Bunga Zainal

Masalah yang menimpanya membuat mental Bunga Zainal terganggu, hingga dia merasa tidak berani bertemu dengan suami dan kedua anaknya karena rasa bersalah yang terus menghantuinya. Bunga mengaku merasa sangat menyesal anak-anaknya juga menjadi korban dalam situasi ini.

"Saya sampai gak mau ketemu anak karena saya bisa marah-marah sama anak saya. Padahal anak saya korban juga, cuma sakit aja karena saya korbanin dana pendidikan anak saya buat investasi bodong ini," jelasnya.

"Cuma bisa nangis sih karena saya kok bisa sebodoh ini aja sih, karena mungkin teman-teman yang deket tahu aja kalau saya orangnya ceria banget gak pernah nangis," Bunga menambahkan.