Film Kupu-Kupu Kertas siap kembali menghiasi layar bioskop setelah sempat terhenti akibat masa tenang Pilpres 2024. Diproduksi oleh Denny Siregar Production dan Maxima Pictures, film ini dijadwalkan tayang mulai 26 September 2024.

Amanda Manopo, pemeran utama, mengungkapkan kebahagiaannya karena penonton bisa menikmati film ini lagi. Kupu-Kupu Kertas mengangkat tema cinta di tengah konflik ideologis sejarah Indonesia tahun 1965.

"Udah ditunggu-tunggu, sekarang banyak yang excited, bisa nonton film ini lagi," ungkap Amanda usai Gala Premiere di XXI Episentrum, Jakarta Selatan.

Film ini sebelumnya tayang pada bulan Februari, namun sempat terhenti. Amanda menambahkan, "Pasti ada satu hal dan lainnya."

Sempat dihentikan, film Kupu-Kupu Kertas kembali tayang, Amanda Manopo antusias

foto: istimewa

Amanda juga menyoroti pesan moral yang terkandung dalam film ini, terutama tentang sejarah Indonesia di tahun 1965. "Apa yang terjadi di Kupu-Kupu Kertas ini ternyata pernah terjadi di tahun 1965. Dalam film ini, kami gambarkan sebuah rasa, sebuah perjuangan," jelasnya.

Sempat dihentikan, film Kupu-Kupu Kertas kembali tayang, Amanda Manopo antusias

foto: istimewa

Sementara itu, Samo Rafael yang berperan sebagai Rasyid juga berbagi tentang usahanya mendalami karakter. Ia fokus pada drama yang tidak hanya tentang cinta, tetapi juga konflik. "Civil war is drama. Yang gue ambil lebih ke belajar dari perspektif orang lain pada zaman itu," tuturnya.

Film Kupu-Kupu Kertas berkisah tentang perjalanan cinta sepasang remaja yang terjebak dalam situasi kelam. Perbedaan ideologi keluarga menjadi tantangan yang harus dijawab pasangan tersebut.

Film ini juga dibintangi oleh Iwa K, Chicco Kurniawan, Reza Oktovian, Fajar Nugra, Ayu Laksmi, dan Seroja Hafiedz, dan disutradarai oleh Emil Heradi.