Brilio.net - Erina Gudono, menantu Presiden Joko Widodo, belakangan ini jadi bulan-bulanan warganet di media sosial. Istri Kaesang Pangarep ini dikritik karena gaya hidup mewahnya saat berada di Amerika Serikat. Namanya bahkan sempat menjadi trending topic di X (dulu Twitter) selama beberapa hari terakhir.

Kontroversi ini rupanya memicu Shania Binti Mahir Hamdun, finalis Puteri Indonesia 2022 wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), untuk angkat bicara. Melalui Instagram Story-nya, Shania diduga membongkar habis-habisan sifat asli Erina Gudono. Ia mengaku jadi korban fitnah menantu Jokowi hingga harus menanggung ujaran kebencian selama tiga tahun lamanya.

Shania dan Erina sama-sama menjadi peserta ajang Putri Indonesia D.I. Yogyakarta. Dalam kompetisi tersebut, Erina keluar sebagai pemenang, sementara Shania meraih posisi runner-up. Namun, sejak saat itu Shania merasa difitnah oleh Erina karena dianggap tidak bisa menerima kekalahannya.

Kini, setelah tiga tahun berlalu, Shania merasa lega karena merasa sifat asli Erina akhirnya terungkap. Ia pun mencurahkan isi hatinya lewat media sosial.

"Grateful, sakit hatiku 3 tahun yang lalu, terbalas begitu saja tanpa menyentuh & tanpa usaha apapun, tiba-tiba busuknya ketahuan se-Indonesia," tulis Shania dalam salah satu unggahannya.

shania hamdun ungkap sifat asli erina gudono © 2024 Instagram

foto: Instagram/@shaniabmh

Shania juga mengungkapkan bahwa dirinya hanya menyampaikan fakta pada tahun 2021, namun sayangnya ia belum bisa memberikan bukti yang kuat saat itu. Akibatnya, ia malah dihujat karena dianggap tidak bisa menerima kekalahan.

"Sekarang, aku percaya sifat orang tersebut terbuka begitu saja. Jadi, silakan simpulkan sendiri, apapun yang pernah dia lakukan sampai saat ini, apakah murni atau settingan? Apakah tulus atau hanya untuk validasi?" lanjut Shania.

Tidak hanya itu, Shania juga membuat pengakuan mengejutkan tentang Erina. Istri Kaesang Pangarep tersebut juga disebut memiliki bau badan dan ramai dibicarakan di media sosial.

"Disclaimer: orang tersebut beneran bau ketiak/ dan bau badan. Ini fakta, jangan tanya lagi lewat DM, cape banget balesin tentang orang ini ," ujarnya.

Shania mengaku telah memaafkan para haters yang dulu menghujatnya. Ia berharap mereka kini bisa memahami situasi yang sebenarnya.

"Buat PL yang dulu ngucapin ujaran kebencian buat aku, ataupun hujat aku. Aku udah maafin kalian.. karena memang waktu itu aku belum bisa buktin seculas apa orang ini. Semoga sekarang kalian benar-benar mengerti, aku cuma minta tolong bersihkan nama aku dari fitnah-fitnah itu. Terimakasih," tulis Shania.

shania hamdun ungkap sifat asli erina gudono © 2024 Instagram

foto: Instagram/@shaniabmh

Shania juga menyinggung dampak fitnah yang dialaminya selama ini. Ia mengungkapkan bahwa fitnah tersebut membuatnya dipojokan dan bahkan sempat kehilangan beberapa pekerjaan.

"Terlepas ada sakit hati pribadi aku dengan orang terkait karena FITNAH dia 3 tahun lalu, yang membuat aku dipojokin, dikira ga bisa terima kekalahan, bahkan di cancel ataupun dipertanyakan dari beberapa pekerjaan karena dikira aku yang bermasalah," ungkap Shania.

Di akhir curhatannya, Shania mengajak para peserta pageant lainnya untuk bersuara. Ia menekankan bahwa masalah ini bukan hanya tentang satu keluarga, tapi tentang Indonesia.

"Ini tentang INDONESIA, bukan keluarga itu. Tolong SPEAK UP! Jangan DIAM!" serunya.

Shania mengakhiri curhatannya dengan mengucap syukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya selama ini. Ia juga berharap agar Allah mendengarkan doa-doa untuk Indonesia.

Curhatan model asal Yogyakarta tersebut kemudian diunggah ulang di media sosial X. Mereka jadi mempertanyakan keabsahan menangnya Erina di kontes kecantikan.

"Sepengetahuanku dari awal shania ikut PI itu emang banyak yg bilang shania deserved DIY, aku sendiri sampe ga tega liatnya dia coba sampe 2/3x lupa, terus endingnya tetep 2nd place. eh ternyata gini kebenarannya sekarang," kata @kkodokganteng.

"Yaampun bener yaaa buah sabar itu beneran nyata, tanpa kita balas cmn doa aha Allah tunjukan dengan caranya," kata @yellowundertoon.

"Awal dia muncul ada yg ngata2in puteri titipan tuh bener?" tanya @arseana_sean.