Brilio.net - Baim Alkatiri, yang lebih dikenal sebagai Baim Cilik, pernah menjadi bintang cilik yang namanya melambung di industri hiburan Indonesia. Wajah imutnya sering menghiasi layar kaca dan memikat hati penonton dengan akting naturalnya. Namun, popularitas Baim perlahan memudar seiring berjalannya waktu.

Kini, Baim telah beranjak dewasa. Namun, kehidupannya jauh dari kemewahan yang mungkin dibayangkan banyak orang. Ia harus berjuang sendiri untuk membiayai pendidikannya, tanpa bantuan finansial dari sang ayah yang seharusnya bertanggung jawab atas nafkahnya.

Baim mengungkapkan bahwa ia sudah tidak menerima uang dari ayahnya sejak 2022 lalu. Meski orang tuanya sudah resmi bercerai, namun menurut pemahaman Baim, seorang ayah seharusnya menafkahi anaknya hingga menikah atau sudah mandiri secara finansial.

"Aku udah nggak ada nerima uang sepeser pun dari ayahku sejak 2022. (Harusnya) harus nafkahin aku sampai nikah, sampai aku gede, sampai aku punya penghasilan," ungkap Baim, dikutip brilio.net pada Jumat (6/9) dari YouTube kasisolusi.

baim cilik tak dinafkahi ayah © 2024 brilio.net

foto: YouTube/kasisolusi

Situasi ini bukan hanya dialami oleh Baim, tetapi juga oleh adik-adiknya. Baim merasa kecewa karena ayahnya tidak menjalankan kewajibannya sebagai seorang ayah terhadap anak-anaknya.

"Cuma masalahnya yang nggak dinafkahin itu bukan cuma aku. Adikku dua yang kecil itu juga nggak ada (nafkah) dari dia. Aku denger kabar dari mama tiriku. Terakhir ngasih itu tahun lalu. Terakhir ngasih aku dua tahun lalu," ungkapnya.

Meskipun merasa kecewa, Baim tetap berusaha untuk menjalankan kewajibannya sebagai seorang anak. Ia tetap bersekolah dan berusaha mencari uang sendiri untuk membiayai pendidikannya.

baim cilik tak dinafkahi ayah © 2024 brilio.net

foto: Instagram/@baimalkatiri

"Mau segimanapun dia tetap ayahku. Walaupun dia nggak menjalankan kewajiban dia sebagai seorang ayah. Aku tetap menjalankan kewajibanku sebagai seorang anak, kok. Aku tetap sekolah kok," katanya.

Tiap kali meminta uang untuk keperluan sekolah, ayah Baim beralasan tidak memiliki uang. Awalnya tak jadi masalah karena Baim masih memiliki uang. Namun, setiap kali ia meminta uang untuk sekolah, ayahnya beralasan yang sama.

Sejak saat itu, Baim tidak lagi meminta uang. Terakhir kali ia menghubungi ayahnya pada 2023 lalu untuk mengucapkan Idul Fitri. Semenjak itu, Baim mulai berusaha menjalankan usahanya. Ia mulai berjualan perfum dan kambing. Untuk kambing, ia menjalankan usaha bersama pamannya.

"Ya karena dia aku terdorong untuk mencari duit, lah," ungkap cowok berusia 19 tahun tersebut.

baim cilik tak dinafkahi ayah © 2024 brilio.net

foto: Instagram/@baimalkatiri

Baim juga mengungkapkan bahwa rumah keluarganya dulu pernah dijual seharga sekitar Rp 1,3 miliar pada tahun 2017 atau 2018. Namun, uang hasil penjualan rumah tersebut ternyata tak digunakan untuk biaya sekolahnya.

"Kan dulu bilangnya duitku ditabung buat sekolah, keperluanku sekolah. Nggak ada, sumpah demi Allah, aku sekarang sekolah bayar sendiri," jelasnya.

Meski menghadapi situasi yang sulit, Baim tetap memiliki harapan untuk bisa berkomunikasi dengan ayahnya. Ia ingin menjalin hubungan yang lebih baik dan memahami alasan di balik sikap ayahnya.

"Aku pengen, jujur, aku masih pengen ngobrol gitu, lho. Ayo ngobrol, omongin ada apa, bilang. Karena dia nggak pernah bilang," ungkapnya.