Pada akhir pekan lalu, Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan kekagumannya terhadap kunjungan YouTuber terkenal asal Amerika, IShowSpeed, ke Indonesia. Melalui akun media sosialnya di X (Twitter), Sandiaga bahkan menuliskan profil singkat tentang pemilik nama Darren Jason Watkins Jr.

Namun, respons dari Reza Arap, anggota grup musik Weird Genius, cukup dingin. Ia mempertanyakan peran pemerintah, khususnya Kemenparekraf, dalam mendatangkan IShowSpeed ke Tanah Air, sementara ia dan timnya berjuang keras sendiri. "Kemana saja, pak? saya urus semua sendiri pakai koneksi, relasi, dan financial saya yang tidak mungkin sebesar kemenparekraf. Kenapa baru muncul pas semua udah terjadi dan selesai lalu merasa bangga akan hal tsb, pak? saya ga butuh credit. tapi kalian kemana saja?" tulis Reza Arap di akun X-nya, @yourbae, akhir pekan lalu.

Setelah beberapa waktu, Sandiaga Uno dan timnya akhirnya menjawab dengan meluruskan maksud dari unggahan sebelumnya mengenai IShowSpeed. Mereka juga menyampaikan permintaan maaf kepada Reza Arap atas kesalahpahaman yang terjadi.

Awalnya, Sandiaga Uno dan tim berusaha menekankan bahwa pernyataan sebelumnya tidak dimaksudkan untuk mengklaim pencapaian Reza Arap dan rekan-rekannya dalam mendatangkan IShowSpeed. "Hi Mas Reza, sama sekali tidak ada niatan mengklaim, dan tidak ada sama sekali dalam postingan tersebut yang menyatakan bahwa itu adalah kerja kami," jelas Sandiaga Uno dan timnya. "Justru kami mau mengapresiasi karena telah membantu memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia, kepada jutaan penonton IShowSpeed," sambungnya.

Permintaan maaf tersebut ditanggapi dengan canda oleh Reza Arap. "Jika kurang berkenan dengan postingan tersebut, kami memohon maaf," ujar Sandiaga Uno. "Yauda dimaapin tapi reimburs pak," balas Reza Arap dengan nada humoris.

Reza Arap minta reimburse © 2024 X

foto: X/@yourbae

Sebelumnya, Sandiaga Uno dan Kemenparekraf menunjukkan ketertarikan mereka terhadap IShowSpeed yang menghibur dengan gaya konyolnya selama berada di Kota Tua Jakarta dan Bali. Sandiaga Uno juga mengagumi bagaimana Speed menghargai budaya Indonesia. "Dari makan nasi padang pakai cara kocak, sampai keciduk heboh ikutan tari kecak. Asyiknya El Kecepatan main #DiIndonesiaAja bikin pengen ikutan!" tulis Sandiaga Uno, dikutip pada Minggu (22/9/2024).

Lebih lanjut, Sandiaga Uno membuat profil singkat tentang Speed, yang sukses melakukan live streaming seru selama berada di Jakarta dan Bali. "IShow Speed, alias Darren Watkins Jr. lahir 21 Januari 2005 di Cincinnati dan mulai aktif di YouTube sejak umur 11 tahun! Popularitas Speed meroket pada 2021 saat video livestream-nya viral," sambungnya. "Reaksi heboh, tingkah tak terduga, dan komentarnya yang blak-blakan bikin Speed punya banyak pengikut bahkan sampai puluhan juta subscriber!"