Brilio.net - Kasus korupsi timah yang melibatkan suami aktris terkenal Sandra Dewi, Harvey Moeis (MK) terus diselidiki. Kini, pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) mengungkap fakta baru terkait kepemilikan jet pribadi, yang sebelumnya dikabarkan jadi hadiah Harvey Moeis untuk ulang tahun putra sulungnya, Raphael Moeis.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Harli Siregar, mengungkapkan bahwa pesawat dengan jenis Jet Bombardier Challenger 605 dengan nomor register T7_IDR terdaftar di San Marino itu rupanya bukan milik Harvey Moeis.

Berdasarkan hasil penelusuran follow the money dalam perkara korupsi Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2020 yang menjerat Harvey, diketahui jika jet pribadi tersebut milik perusahan Regal Meters Limited Ltd, yang operasinya bekerja sama dengan PT Express Transportasi Antarbenua.

harvey moeis bukan pemilik asli jet pribadi © instagram

harvey moeis bukan pemilik asli jet pribadi
© instagram/@benyaminratu

"Jadi pesawat itu milik satu perusahaan dikerjasamakan operasionalisasinya dengan perusahaan lain. Jadi posisinya HM ini tidak sebagai pemilik atau owner, tidak juga sebagai penyewa," kata Kapuspenkum Kejagung Harli Siregar, dilansir brilio.net dari merdeka.com, Rabu (3/7).

Lebih lanjut, Harli mengatakan jika Harvey bukan penyewa. Namun, ia terdaftar sebagai penumpang sebanyak 32 kali di manifes pesawat tersebut. Saat akan menumpangi pesawat tersebut, Harvey pun tetap harus membayar tiket dan lain sebagainya, layaknya seorang penumpang.

"Jadi kalau nggak salah ada 32 kali penerbangan memang, yang ini menjadi penumpang di pesawat itu. Nyewa juga nggak, kalau nyewa kan ada perjanjiannya," beber Harli.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya, Harvey Moeis sempat dikabarkan membeli sebuah jet pribadi yang terungkap dari unggahan kerabat Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Benyamin Ratu. Unggahan itu menjelaskan jika jet pribadi Raphael baru saja mendarat di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma pada Senin, 25 Maret 2019.

harvey moeis bukan pemilik asli jet pribadi © instagram

harvey moeis bukan pemilik asli jet pribadi
© instagram/@benyaminratu

"Hari ini Senin 25 Maret 2019 tepat jam 09.00 jet pribadinya @raphaelmoeis mendarat di Halim Perdana Kusuma dan langsung upacara pemberkatan pesawat bersama Romo Agustinus Handoko MSC. Selamat Harvey dan @sandradewi88 semoga memperlancar usaha dan bisnisnya," terang unggahan tersebut.

Sejak Harvey Moeis ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung, atas kasus korupsi penambangan timah di lokasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk, pihak Kejagung pun memeriksa seluruh aset suami Sandra Dewi itu, termasuk jet pribadinya.

Selain menyelidiki kepemilikan pesawat jet, penyidik Jampidsus sudah menyita sejumlah aset milik Harvey, di antaranya dua unit mobil mewah Rolls Royce warna hitam dan Mini Cooper S Countryman F60 warna merah dengan nomor polisi tertulis B 883 SDW. Ada lagi mobil Velfire dan Lexus putih, juga arloji mewah yang sedang diuji keasliannya.