Brilio.net - Rio Dewanto, aktor laga yang kerap muncul di layar kaca, ternyata punya mimpi tersembunyi. Suami Atiqah Hasiholan ini dulunya bercita-cita jadi desainer grafis. Siapa sangka, pria kelahiran 28 Agustus 1987 ini punya kegemaran melukis dan menggambar sejak kecil.

Namun, takdir berkata lain. Impian Rio harus kandas di tengah jalan. Bintang film Ratu Kosmopolitan dan Pintu Terlarang ini ternyata mengidap buta warna parsial sejak lahir. Hal tersebut diungkapkan oleh dirinya sendiri saat jadi bintang tamu di podcast Praz Teguh Tuah Kreasi yang diunggah pada Rabu (5/9)

"Gue buta warna, bro. Iya, karena emang dari lahir, kan," kata Rio Dewanto, dikutip brilio.net pada Kamis (6/9).

Meskipun begitu, Rio tetap mampu membedakan warna-warna dasar dengan baik. Kesulitannya muncul saat berhadapan dengan warna-warna campuran yang lebih kompleks. Kondisi ini baru terungkap saat Rio menjalani tes masuk jurusan desain grafis.

"Gue kalau warna solid gitu gue tahu. Tapi kalau warna campuran, jadi gue waktu itu tesnya gara-gara gue suka gambar. Gue sempet tes kuliah desain komunikasi visual, sorry, desain grafis," ujarnya.

rio dewanto buta warna © 2024 brilio.net

foto: YouTube/Tuah Kreasi

Saat mengikuti tes, rupanya ia kesulitan melihat angka dan huruf dalam tes dot-dot yang lazim digunakan untuk mendeteksi buta warna.

Tes masuk jurusan desain grafis menjadi momen yang mengungkap kondisi Rio. Aktor berusia 37 tahun tersebut menghadapi kesulitan saat diminta mengidentifikasi angka dan huruf dalam tes titik-titik berwarna.

"Nah, ada gambar perspektif sama yang ke-2 tes itu yang dot-dot (titik-titik) itu ngelihat di dalamnya ada angka, ada huruf. Gue nggak bisa ngelihat beberapa. Banyak halaman yang gue nggak tahu. Nggak kelihatan di mata gue," ungkapnya.

Pengalaman tes menjadi titik balik bagi Rio mulai menyadari ada yang tidak beres dengan penglihatannya terhadap warna. Ia akhirnya memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter mata.

Hasil pemeriksaan dokter mengonfirmasi Rio didiagnosis mengidap buta warna parsial, kondisi yang ternyata sudah dialami sejak kecil.

"Setelah itu baru gue ngomong ke nyokap gue. Terus akhirnya dibawa ke dokter mata. Dicek, ya emang buta warna parsial. Tapi emang udah banyak gejalanya, dari kecil gue merasakan itu," kata Rio.

rio dewanto buta warna © 2024 brilio.net

foto: Instagram/@riodewanto

Rio mengaku sebenarnya sudah merasakan gejala-gejalanya sejak lama. Namun, dia baru menyadari sepenuhnya setelah menjalani pemeriksaan medis.

Tak lupa, Rio juga membagikan pengalamannya saat membeli topi. Waktu itu Rio salah menyebut warna topi.

"Kayak gue sempet mau beli topi, ini gue inget banget, gue mau beli topi di Plaza Senayan, gue nunjuk 'Mas, saya mau itu tuh yang warna putih'. Masnya bilang 'Hah, warna putih yang mana, ini? Ini pink'," pungkasnya, sambil menirukan percakapannya dengan penjual topi.