Brilio.net - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menjadi salah satu perusahaan BUMN yang berhasil masuk dalam jajaran Forbes Global 2000 tahun 2024. Dalam laporan Forbes 2000, BRI menempati urutan ke-308 secara global dari 2000 perusahaan di seluruh dunia. Selain BRI terdapat tiga perusahaan BUMN lainnya yakni Bank Mandiri yang berada di peringkat 373, Telkom Indonesia di peringkat 912, dan BNI di peringkat 944.

Sebagai informasi, Forbes Global 2000 adalah daftar 2.000 perusahaan publik dengan penjualan, laba, aset dan nilai pasar terbesar dari seluruh dunia yang dikeluarkan oleh majalah Forbes.

Pencapaian ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Dalam akun Instagram pribadinya @erickthohir, ia menyampaikan rasa syukurnya melalui video singkat yang menampilkan prestasi perusahaan BUMN Indonesia ini.

"Alhamdulillah empat perusahaan BUMN yaitu BRI, Bank Mandiri, Telkom Indonesia dan BNI berhasil masuk dalam Forbes Global 2000 tahun 2024," tulis Erick Thohir dalam unggah di Instagramnya, dikutip brilio.net dari Instagram @erickthohir, Kamis (20/6). .

Erick juga mengaku bangga karena BRI berhasil mengungguli beberapa perusahaan global seperti Starbucks yang berada di peringkat 319. Kemudian Repsol di peringkat 332, Renault di peringkat 340, Uber di peringkat 346, Vodafone di peringakt 349, dan HP di peringkat 362.

BBRI BBRI

foto: BRI

"Ini adalah pengakuan dunia internasional yang membuktikan BUMN bisa menjadi perusahaan yang mendunia," lanjutnya.

Masuknya perusahaan-perusahaan BUMN dalam daftar Forbes Global 2000 menunjukkan bahwa BUMN tidak hanya mampu memberikan dampak positif di tingkat nasional, tetapi juga di level global.

Pencapaian ini juga menegaskan bahwa BUMN terus memberikan manfaat signifikan bagi negara dan masyarakat. Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa perusahaan-perusahaan Indonesia, terutama BUMN, memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar internasional dan terus berkembang menjadi pemain utama di berbagai sektor.