Sementara itu, dihubungi melalui akun Instagram @ahmadrifyannur, Arif selaku driver yang menyelamatkan Gira mengatakan kalau ruko di wilayah Galaxy banyak yang dijadikan tempat penipuan berkedok lowongan pekerjaan. Karena itulah, dia secara spontan ingin menyelamatkan Gira.

"Karena saya tahu di daerah Galaxy situ banyak ruko loker penipuan, jadi spontan saya kepengen si customer ini buat keluar aja dari situ. Cuma dia bilang ditahan, saya sih emang sudah niat jemput dan pasang badan kalau emang nanti ada tindakan apa-apa dari dalam ruko. Tapi setelah saya sampe ruko Alhamdulillah si customer aman keluar, cuma seperti orang buru-buru dan ketakutan gitu," kata Arif dikutip dari merdeka.com.

Selama di perjalanan menuju tempat yang dituju customernya di wilayah Jakarta Barat, Gira bercerita memang mengajukan lamaran untuk lowongan pekerjaan itu melalui situs pencari kerja. Saat itu tertulis tidak dipungut biaya sepeser pun.

"Lalu dia dapat WA panggilan kerja dari yang dia apply, ketika dia apply loker tersebut dituliskan tidak dipungut biaya apapun, dan nama perusahaan yang dia apply dengan yang dia datangi di ruko Galaxy itu berbeda, tetapi alamatnya sama," kata Arif.

driver ojek online selamatkan pria dari penipuan Berbagai sumber

foto: Instagram/@gojek24jam

Ketika berada di dalam ruko lantai satu, kata Arif, Gira mengaku kalau dirinya diberitahu akan ada biaya administrasi sebesar Rp1,5 juta. Kemudian di lantai dua, dia diminta membayar uang dengan jumlah tersebut.

"Setelah naik ke lantai dua dia mendapat semacam prospek dari HRD-nya, setelah itu diperintahkan untuk membayar Rp1,5 juta yang harus dibayar hari itu juga, jika tidak ada diperintahkan untuk minjem uang ke ortu, saudara atau teman. Dari situ dia merasa yakin kalau loker tersebut penipuan," ucapnya.

Arif berharap penipuan berkedok lowongan pekerjaan ini bisa diberantas sampai ke akar-akarnya. Karena kasus ini meresahkan masyarakat, terutama pencari kerja.

"Ya semoga sindikat penipuan berkedok lowongan kerja ini bisa dibereskan sampai akar-akarnya, kalau bisa sampai bekingan-bekingannya, semisal ada yang membekingi, karena ini sudah menjadi keresahan masyarakat sejak lama," katanya.

Aksi Arif pun menuai banyak sorotan sekaligus salut oleh warganet. Lewat unggahan Instagram @gojek24jam, banyak yang mengapresiasi aksi Arif yang bergegas menjemput Gira agar tak jadi korban penipuan.

"Salut buat masnya makasih Krn udah jadi orang baik suka menolong orang lain yg kesusahan,semoga lancar rezekinya bahagia trs kehidupan kedepannya amin," tulis akun @stellafanny87.

"Driver yg biasa nongkrong dkt situ udah tau semua, makanya kalo ada yg hitam putih lgsg dicegat dikasi tau. Udah viral lama, yg jaga preman pernah ada yg lapor polisi juga tapi dateng doang n gada kelanjutan apa² adem ayem sampai sekarang," tulis akun @sigit_breakfast memberi informasi tambahan.

"Si driver seketika mengaktifkan fitur spesial: Go Help. Mantap pak driver!" ujar akun @laty_ibrahim.