Mantan calon presiden dan wakil presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, tidak hadir dalam acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang berlangsung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Menurut pantauan, hingga pukul 9.45 WIB, kedua tokoh tersebut belum terlihat di lokasi acara. Hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Ganjar mengenai alasan ketidakhadirannya.

Sementara itu, Mahfud MD telah memberikan penjelasan bahwa ia tidak dapat hadir karena harus menjenguk ibunya yang sedang sakit. Ia terpaksa terbang ke Surabaya, Jawa Timur, untuk menemui ibunya yang berusia 94 tahun. 

"Pagi seharusnya saya siap-siap ke Gedung MPR untuk menghadiri pelantikan presiden. Tetapi tiba-tiba saya harus menengok Ibu di Surabaya. Saya sudah beritahukan kepada Pimpinan MPR bahwa saya absen pada acara di MPR. Mudah-mudahan Ibu saya disehatkan oleh Allah SWT, " ucapnya.

Ganjar Pranowo sebelumnya menyatakan bahwa ia berencana untuk hadir di pelantikan tersebut, namun kehadirannya tergantung pada instruksi dari partai. "Sudah (terima undangan). Rencana datang, kecuali nanti ada perintah dari partai," ujarnya saat ditemui di Universitas Indonesia pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Saat ini, Ganjar dan seluruh kader PDI Perjuangan tengah disibukkan dengan agenda Pilkada serentak. Ia menambahkan, "Kami lagi standby semua untuk Pilkada, karena kami menyiapkan, kalau nanti ada perintah, kami akan berbagi, " jelasnya. 

Sebelumnya Ketua MPR, Ahmad Muzani, mengungkapkan bahwa Megawati telah diundang untuk hadir. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa Megawati baru saja pulang dari perjalanan ke Uzbekistan dan dalam kondisi kurang fit. Muzani mendapatkan informasi ini dari Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah.

"Dari keterangan yang kami terima, Ibu Mega baru saja tiba dari perjalanan ke Uzbekistan, yang membuatnya kurang fit dan mengalami flu. Oleh karena itu, Ibu memutuskan untuk beristirahat," jelas Muzani di Gedung MPR, Sabtu (19/10).