Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat menggunakan mobil Toyota Innova Zenix ketika pulang dari Istana Merdeka di Jakarta menuju Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu (4/9). Pemandangan ini cukup menarik perhatian karena biasanya Jokowi menggunakan mobil Mercedes hitam untuk kegiatan kepresidenannya di Jakarta dan Bogor.

Iring-iringan kendaraan tersebut juga sempat tertangkap kamera oleh beberapa warga yang memperhatikan pelat RI-1 pada mobil tersebut. Menurut keterangan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, Jokowi sering menggunakan mobil tersebut untuk keperluan kegiatan tertentu, terutama yang bersifat incognito atau diam-diam.

"Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, sering sekali beliau menggunakan kendaraan Innova," jelas Yusuf saat memberikan keterangan kepada wartawan, dilansir brilio.net pada Rabu (4/9).

Jokowi juga beberapa kali menggunakan mobil lain seperti Toyota Fortuner ketika harus melakukan kunjungan kerja ke daerah dengan medan yang sulit. Yusuf menambahkan bahwa penggunaan kendaraan berbeda oleh presiden disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan di lapangan.

Pergantian kendaraan seperti ini dianggap sebagai hal yang biasa dalam rutinitas kepresidenan, terutama saat kunjungan ke daerah yang membutuhkan kendaraan tangguh. Mobil Fortuner ini memang sering digunakan saat kondisi jalan yang harus ditempuh sulit dilalui. Pergantian mobil bukan hanya soal kenyamanan, tetapi juga demi kelancaran aktivitas presiden dalam berbagai medan.

jokowi pakai innova © 2024 brilio.net

foto: Liputan6.com

"Fortuner juga sering digunakan saat kunker ketika medannya berat. Artinya berganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan," kata Yusuf.

Penggunaan Innova Zenix oleh Jokowi kali ini juga menuai perhatian karena mirip dengan kendaraan yang digunakan oleh Paus Fransiskus selama kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Jokowi memang sering terlihat menggunakan mobil Mercedes berwarna hitam saat menjalankan kegiatan kepresidenan.

Paus Fransiskus memilih Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid berwarna putih sebagai kendaraan resminya selama berada di Indonesia. Mobil tersebut dipakai Paus saat bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

Terkait keamanan, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Achiruddin memastikan bahwa penggunaan Innova Zenix oleh Jokowi tidak mengurangi tingkat pengamanan. Achiruddin menegaskan bahwa Paspampres telah menyiapkan pengamanan maksimal dan berlapis di sepanjang rute perjalanan Presiden.

jokowi pakai innova © 2024 brilio.net

foto: X/@VaticanNews

Paspampres juga selalu berkoordinasi dengan pihak keamanan wilayah untuk memastikan keamanan di setiap titik yang dilalui Presiden. Achiruddin menyampaikan bahwa mobil apapun yang digunakan oleh Presiden tetap mendapatkan pengamanan maksimal. Paspampres juga selalu mengantisipasi setiap potensi ancaman selama perjalanan.

"Terkait sisi keamanan, tidak ada masalah bagi kami. Paspampres sudah memperketat pengamanan terhadap Presiden dengan berkoordinasi dengan pasukan pengamanan wilayah, dengan menempatkan pasukan pengamanan di sepanjang rute perjalanan Presiden," jelas Achiruddin kepada wartawan, Kamis (5/9).

Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus, sebelumnya tiba di Indonesia pada Selasa (3/9) untuk kunjungan resmi. Selama di Jakarta, ia menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid berwarna putih untuk melakukan aktivitasnya. Mobil tersebut juga digunakan Paus saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada Rabu siang (4/9/2024).

Perjalanan Paus Fransiskus yang sederhana dan nyaman dengan Innova Zenix menjadi sorotan, apalagi dengan adanya bendera Vatikan dan Indonesia yang terpampang di mobilnya. Innova Zenix yang digunakan Paus dilengkapi dengan dua bendera, yaitu bendera Vatikan di sebelah kiri dan bendera Indonesia di sebelah kanan.