Brilio.net - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut kembali jadi sorotan. Kali ini bukan soal kesiapan sarana dan prasarananya, melainkan konsumsi atlet. Sebuah video yang viral di TikTok beberapa waktu lalu memperlihatkan penampakan nasi box untuk para atlet, namun menu yang ditampilkan jauh dari ekspektasi banyak orang.

Netizen pun ramai-ramai berkomentar tentang kesederhanaan menu tersebut. Banyak yang kemudian mempertanyakan anggaran yang disediakan dilarikan ke mana. Pasalnya, anggaran makan yang disediakan panitia untuk makan para atlet adalah Rp50.000 per menu.

Berdasarkan video yang dibagikan para atlet di media sosial, banyak warganet yang beranggapan jika nasi kotak yang dibagikan panitia untuk peserta PON 2024 terlalu sederhana dengan anggaran yang disediakan. Di tengah kontroversi tersebut, salah satu katering yang mengaku membuat pesanan untuk gelaran PON Aceh-Sumut 2024 justru membagikan cerita berbeda.

Lewat unggahannya di akun TikTik @satekerang_khadeejah01, ia memperlihatkan penampakan nasi kotak dengan menu yang cukup lengkap. Dalam satu kotak terdapat nasi satu porsi dengan lauk ayam goreng, telur balado, perkedel, dan sayur kuah kuning yang dibungkus plastik. Ada juga satu buah jeruk, kerupuk, dan air mineral berukuran gelas. Pemilik video pun mengungkapkan meski laba yang didapat hanya sedikit, pihaknya sudah berjuang dengan sepenuh hati.

Katering ini bagikan penampakan nasi box untuk PON Aceh-Sumut © 2024 brilio.net

foto: TikTok/@satekerang_khadeejah01

"Meski laba setipis tisu, hanya owner dan tuhan yang tahu. Tapi kita yakin ada rezeki berlimpah untuk mereka yang selalu memberikan yang terbaik untuk orang lai," tulisnya pada keterangan caption, seperti disadur brilio.net dari TikTok @satekerang_khadeejah01, Jumat (13/9).

Tak hanya itu, ia juga mengaku telah mengantarkan makanan tepat waktu, yakni sebelum waktu makan tiba. Untuk makan siang pihaknya mengantarkan makanan pukul 11.00 WIB sementara untuk makan malam diantar jam 17.00 WIB. Penjelasan tersebut sekaligus menampik isu yang menyebutkan jika distribusi makanan bagi atlet PON sering terlambat.

Warganet juga sempat menyinggung pertanyaan terkait konsumsi PON yang terlambat sampai ke atlet. Perihal tersebut, pihak catering tak mengetahui kendala tersebut bisa terjadi.

"Ngak tahu juga bu, soalnya kita ngak pernah telat, makan siang diantar jam 11, makan malam jam 5 sore, kecepatan malah," ujarnya.

Menariknya penampakan ini langsung memicu reaksi netizen. Banyak yang berkomentar tentang ukuran dan porsi yang lebih baik dari menu-menu sebelumnya. Mereka juga menanyakan peruntukan menu nasi box tersebut untuk para atlet atau panitia.

Ini untuk atlet atau panitia.a bu?" ujar akun Istiqamah.

Meski tak dijawab langsung oleh pemilik akun, namun salah satu warganet mengonfirmasi jika nasi kotak tersebut untuk para panitia. Tak sedikit warganet yang memberikan respon kecewa dan menyayangkan perbedaan menu antara panitia dan atlet yang terlihat sangat berbeda.

"Panitia nya,, ada di story ig nya kakak tu kemarin," ujar akun @_Rina85.

Untuk atlet yang sedang berlaga di ajang nasional, "panitia enak2 ya menunya, kasian yg atlet nya dpat nasi yg lauknya ala kdar," ujar salah satu pengguna TikTok @Nining Andreka.