Brilio.net - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Periode April 2002-Februari 2005 Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim menghelat pameran tunggal 50 buku karyanya di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta Pusat. Pameran ini digelar dalam rangka HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Tema 'Menjaga Ibu Pertiwi dan Bapak Angkasa-Retired but not Expired' menjadi isu utama dalam pameran tersebut. Chappy membuka pameran tersebut pada Kamis (15/8). Keluarga dan kolega Chappy turut hadir dalam acara pembukaan tersebut.

Karya buku Chappy umumnya berisi analisis, ulasan, dan pemikiran pribadi Chappy. Tema yang dipilih berupa kedirgantaraan dan tentunya pertahanan negara. Buku-buku tersebut meliputi, 'Air Force Leadership' dan 'Tol Udara Nusantara'.

"Saya beruntung menjadi pilot angkatan udara, tapi dalam perjalannya saya mendapat kesempatan untuk menjadi pilot penerbangan sipil," kata Chappy.

Selain tema di atas, Chappy juga menulis buku tentang kepemimpinan dan humaniora. Selain itu, ia juga menulis tentang kegiatannya usai purna tugas.

"Buku ini bagian dari kegiatan saya setelah pensiun yang sudah saya tekadkan untuk berbagi. Jadi berbagi bagaimana? Saya menulis, mengajar, saya juga berdiskusi, saya menjadi narasumber," kata Chappy.

istimewa istimewa

foto: istimewa

Selain karya Chappy, buku yang ditulis istrinya, Pusparani Hasjim dan dua anak serta mantu Chappy juga turut ikut dipamerkan.

"Ada dua sisi di sini, selain saya ingin menyebarkan tentang kedirgantaraan saya juga ingin berbagi di bidang literasi.Saya punya kegiatan misalnya literasi akhir pekan, saya ada kegiatan monthly meeting, pertemuan bulanan di pusat studi air power Indonesia," ujarnya.

Chappy, saat ini aktif di Pusat Studi Air Power Indonesia dan lembaga think tank yang fokus mengkaji isu kedirgantaraan dan pertahanan. Ia sendiri berharap bahwa pameran ini bisa jadi pemantik untuk lintas generasi agar terus berkarya.

"Mudah-mudahan dengan pameran ini saya berharap bisa menyumbangkan pemikiran-pemikiran pada masyarakat luas. Mari kita melihat masa depan Indonesia ke depan. Jangan kita terjebak pada kegiatan-kegiatan menghancurkan diri sendiri," kata Chappy.

Pameran buku tunggal Chappy Hakim bakal berlangsung sampai Rabu (21/8) di Perpusnas RI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.