Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi, mengungkapkan bahwa jabatan Sekretaris Kabinet (Seskab) yang dipegang oleh Mayor Teddy Indra Wijaya kini setara dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon II. Jabatan ini berada di bawah Menteri Sekretaris Negara, sesuai dengan peraturan presiden terbaru.

"Dalam perpres terbaru, Seskab ditempatkan sebagai ASN eselon II di bawah Menteri Sekretaris Negara," jelas Hasan kepada wartawan pada Senin (21/12).

Dengan penjelasan ini, Mayor Teddy tidak perlu mundur dari posisinya sebagai prajurit TNI. Jabatan Seskab dapat diisi oleh militer aktif, mirip dengan Sekretaris Militer Presiden yang juga bisa diisi oleh personel militer.

"Tidak ada keharusan untuk mundur dari militer. Jabatan ini bisa diemban oleh militer aktif, sama seperti Sekretaris Militer Presiden," tambah Hasan.

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto melantik Mayor Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet di Istana Negara Jakarta pada Senin (21/10). Teddy, yang merupakan ajudan setia Prabowo, sering terlihat mendampingi dalam berbagai kegiatan.

Pelantikan Teddy berdasarkan keputusan presiden (keppres) Nomor 143/P tahun 2024 tentang Pengangkatan Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet. Pelantikan ini bersamaan dengan 55 wakil menteri dan satu Wakil Kepala Staf Kepresidenan dalam kabinet Merah Putih.

Prabowo memimpin pengucapan sumpah jabatan yang diikuti oleh para pejabat yang dilantik. Mereka berkomitmen untuk menjunjung tinggi etika jabatan dan bertanggung jawab.

"Saya bersumpah untuk setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya demi darmabakti kepada bangsa dan negara," ucap para pejabat yang dilantik di hadapan Presiden Prabowo.

"Saya akan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab," sambung mereka.

Profil Mayor Teddy menunjukkan bahwa ia lahir pada 14 April 1989 di Manado. Ia berasal dari keluarga militer, dengan kedua orangtuanya adalah tentara. Teddy menyelesaikan pendidikan di SMA Taruna Nusantara dan kemudian di Akademi Militer (Akmil), lulus pada tahun 2011. Ia juga mengikuti pelatihan di Ranger School di Amerika Serikat, sebuah program bergengsi yang melatih pasukan elit Angkatan Darat AS.

Mayor Teddy dikenal sebagai sosok yang setia mendampingi Prabowo dan dianggap sebagai bagian dari keluarga. Sebelum menjadi ajudan Prabowo, ia juga pernah bertugas sebagai asisten ajudan Presiden Jokowi dari tahun 2014 hingga 2019.