Brilio.net - Pegi Setiawan yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon dinyatakan bebas. Putusan sidang praperadilan pada Senin (8/7), menyatakan penetapan tersangka Pegi tidak sesuai prosedur hukum. Akhirnya, statusnya sebagai tersangka dibatalkan.

Mendengar kabar tersebut, pihak keluarga Vina Cirebon sebagai korban akhirnya angkat bicara. Melalui kuasa hukumnya, Raden Reza Pramadia mengungkapkan keluarga merasa senang sekaligus sedih dengan keputusan bebasnya Pegi.

tanggapan keluarga vina pegi bebas berbagai sumber

foto: TikTok/@lare_grage96

Bagi Raden, keluarga senang karena hakim tunggal Eman Sulaeman telah bertindak adil. Keputusannya yang membebaskan orang tidak bersalah memang harus dihormati. Namun pada sisi lain, pihak Vina juga merasa sedih. Pasalnya, dengan dibebaskannya Pegi Setiawan, maka penyelesaian pembunuhan kasus Vina dan Eky pada 2016 masih melalui jalan berliku.

"Melihat putusan pengadilan tadi, mengucap syukur Alhamdulillah dan sekaligus kesedihan," katanya Reza dilansir brilio.net dari dream.co.id pada Selasa (9/7).

Reza juga mengatakan bahwa ini akan menjadi PR yang panjang bagi pihak kepolisian. Pasalnya, mereka harus mencari tersangka sebenarnya yang menjadi otak dari hilangnya nyawa Vina.

"Alhamdulillahnya adalah yang mulia hakim bisa secara objektif membebaskan orang yang tidak bersalah dan sedihnya itu adalah akan menambah PR juga nih bagi pihak kepolisian," imbuhnya.

tanggapan keluarga vina pegi bebas berbagai sumber

foto: liputan6.com

Reza menyebut, pihak keluarga saat ini akan terus bertanya-tanya dengan proses penyelesaian kasus yang terjadi delapan tahun silam. Terlebih, sebelum Pegi bebas, polisi juga telah menyatakan dua DPO adalah fiktif.

"Pihak keluarga (Vina) kan jadi bertanya-tanya, sudah kemarin dua DPO dinyatakan fiktif, dan sekarang juga ada salah tangkap," ungkapnya.

"Jadi sebetulnya ada apa? Kenapa jadi seperti ini perkembangannya?" lanjut Reza.

Selanjutnya, pihak Vina akan segera meminta untuk pembentukan tim pencari fakta yang benar-benar independen dalam menyelesaikan kasus ini. Reza juga meminta agar kasus ini bisa diproses secara transparan. Keluarga Vina juga berharap Polda Jabar segera merilis kembali tiga DPO dan melakukan pencarian sampai dapat.

tanggapan keluarga vina pegi bebas berbagai sumber

foto: merdeka.com

"Supaya kasus ini bisa segera selesai dan lebih transparan lagi. Jadi ya, kita berharap segeralah dituntaskan, dicari terduga DPO. Kenapa kita bilang tiga lagi, karena di sidang kemarin juga dari kuasa hukum Polda Jabar menyebutkan ada tiga DPO," tutur Reza.

"Yang sebenar-benarnya, ciri-ciri pelaku, kalau ada foto-fotonya supaya tidak terjadi kegaduhan lagi kedepannya," pungkasnya.