Setelah dilantik sebagai Presiden periode 2024-2029, Prabowo Subianto memiliki sejumlah agenda penting. Sekjen Partai Gerindra dan Ketua MPR, Ahmad Muzani, mengungkapkan bahwa Prabowo akan langsung menuju Istana Negara. Di sana, dia akan disambut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Besok beliau akan menuju istana. Sebelum perjalanan, Pak Jokowi akan mendahului menuju istana dan menyambut presiden yang baru dilantik," ungkap Muzani di Kompleks MPR, dilansir brilio.net dari liputan6.com pada Sabtu (19/10). 

Setelah kedatangan, Prabowo dan Jokowi akan bersama-sama memasuki Istana, meskipun pertemuan mereka diperkirakan akan berlangsung singkat. "Enggak lama kemudian Pak Jokowi akan meninggalkan istana menuju kota Solo. Kira-kira begitu," tambahnya.

Malam harinya, akan ada makan malam bersama kepala negara, yang diikuti dengan pengumuman kabinet. "Malamnya baru dinner kepala negara, setelah itu mengumumkan kabinet," jelas Muzani.

Kepala negara dan setingkatnya dari sekitar 33 tamu negara telah mengonfirmasi kehadiran di pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di MPR pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Ketua MPR, Ahmad Muzani, menyatakan bahwa tamu-tamu VVIP dari berbagai negara mulai berdatangan. "Sekitar 33 negara dari ASEAN dan negara sahabat akan hadir di pelantikan," ujarnya.

Dia menambahkan, jumlah tamu yang hadir mencerminkan penghormatan besar bagi bangsa Indonesia. "Kami berharap kita sebagai bangsa patut bangga dihormati oleh banyak negara sahabat," kata Muzani.

Dia juga berharap Indonesia dapat menjadi tuan rumah yang ramah dan menghormati setiap tamu yang datang. "Kami berharap kita menjadi tuan rumah yang ramah, baik, menghormati setiap tamu dari manapun berada," tutupnya.