Presiden Prabowo Subianto beserta anggota Kabinet Merah Putih akan menghabiskan malam di kawasan Akademi Militer (Akmil) yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Kamis, 24 Oktober 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda penting di mana Prabowo dijadwalkan untuk membuka secara resmi Retreat Kabinet Merah Putih pada hari Jumat, 25 Oktober 2024.

"Esok hari, Presiden Prabowo akan membuka Retreat Kabinet Merah Putih. Para menteri juga akan mendapatkan pembekalan materi yang relevan," ungkap Yusuf Permana, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/10). 

Setibanya di Akmil Magelang pada pukul 17.57 WIB, Prabowo disambut dengan penuh kehormatan. Ia melewati jajar kehormatan prajurit yang diiringi oleh penampilan marching band khas taruna Akademi Militer, menciptakan suasana yang sangat khidmat.

Setelah prosesi penyambutan, Prabowo melanjutkan perjalanan ke Borobudur International Golf, yang berada di kawasan Akademi Militer, menggunakan golf car. Malam itu, Prabowo dan jajaran Kabinet Merah Putih akan bermalam di Akmil untuk melanjutkan kegiatan retreat keesokan harinya.

Retreat ini menjadi salah satu agenda penting bagi para menteri, bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dan koordinasi antar-kementerian di bawah kepemimpinan Prabowo.

Pesawat yang membawa Presiden Prabowo lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, dan mendarat di Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Yogyakarta, sekitar pukul 16.05 WIB. Setelah tiba di bandara, Prabowo melanjutkan perjalanan ke Akademi Militer di Magelang dengan kendaraan Maung.

Prabowo Subianto bermalam di Akmil Magelang, retreat Kabinet Merah Putih dibuka Jumat pagi

foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Prabowo Subianto tiba di Akademi Militer (Akmil) Magelang pada Jumat, 24 Oktober 2024, dalam rangka retreat menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih. Prabowo tiba di Akmil Magelang pukul 17.57 WIB dengan menggunakan mobil Maung Garuda berwarna putih, dan disambut antusias oleh ratusan warga yang menunggu di depan gerbang.

"Pak Prabowo, Pak Prabowo!" teriak ratusan warga saat Prabowo tiba. Ia pun keluar dari sunroof mobilnya untuk menyapa masyarakat, melambaikan tangan dan langsung disambut teriakan gembira dari warga. Setelah itu, Prabowo melanjutkan langkahnya ke dalam Akmil Magelang.

Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi, menjelaskan bahwa retreat di Akademi Militer ini diikuti oleh para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, hingga staf khusus presiden. Para menteri telah berangkat ke Akmil menggunakan pesawat Hercules pada hari yang sama.

Dalam retreat ini, para anggota kabinet akan mendapatkan pelatihan dan materi penting mengenai bernegara dan pemerintahan, termasuk isu pencegahan korupsi. "Kegiatan ini juga menjadi momentum bagi para menteri untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri, sesuai dengan harapan Presiden Prabowo agar semua anggota kabinet bersatu dan kompak," jelas Hasan kepada wartawan.