Brilio.net - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala daerah selang beberapa bulan terpilih jadi Wakil Presiden. Surat pengunduran dirinya pun telah diserahkan secara langsung ke Ketua DPRD Solo.

Didampingi Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dengan mengendarai mobil plat merah AD 1 A, Gibran datang ke kantor DPRD sekitar pukul 14.45 WIB. Seusai tiba di gedung DPRD, Gibran dan Teguh langsung disambut Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo.

gibran resmi mundur dari wali kota © berbagai sumber

foto: liputan6.com/Fajar Abrori

"Hari iki kami menghantarkan surat pengunduran diri kepada Ketua DPRD Kota Surakarta (Solo) dan selanjutnya agaar diproses sesuai mekanisme yang ada," ujarnya, usai menyerahkan surat pengunduran diri di Kantor DPRD Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (16/7).

Disinggung mengenai alasan pengunduran dirinya, Gibran mengatakan salah satunya untuk persiapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada 20 Oktober 2024 mendatang. Ia mengaku banyak persiapan yang harus dilakukan, sehingga dirinya memutuskan untuk mengundurkan diri pada hari ini Selasa (16/7).

"Ya selain untuk pelantikan yang masih di tanggal 20 Oktober nanti. Tentunya banyak hal yang harus kami persiapkan dari sekarang. Saya mohon doa dari teman-teman media semua, semoga semuanya dilancarkan," tambahnya.

Tak lupa, kakak Kaesang ini mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Solo yang sudah ikut mengawal programnya di pemerintah selama tiga tahun terakhir.

gibran resmi mundur dari wali kota © berbagai sumber

foto: Instagram/@gibran_walikotasolo

"Makasih sudah menjadi teman baik saya, memberitakan hal positif untuk perkembangan Kota Solo. Mohon pamit jika ada yang salah," katanya, ditambah dari antaranews.com.

Saat ditanya terkait kegiatannya sebelum pindah ke Jakarta, Gibran menyebut akan mengemas semua barang miliknya di rumah dinas Loji Gandrung maupun di ruang kerjanya di Balai Kota Solo. Pasalnya, tempat tersebut akan ditempati oleh Wakil Wali Kota Solo selanjutnya sebagai pengganti dirinya.

"Sebelum ke Jakarta, ya beres-beres Loji Gandrung sama kantor. Nanti kan yang menempati pak wakil wali kota. Intinya surat pengunduran diri sudah saya serahkan, nanti akan ditindaklanjuti oleh Pak Ketua DPRD lalu nanti ke provinsi dan Kemendagri," paparnya lebih lanjut.