Brilio.net - Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus tiba di Jakarta pada Selasa (3/9) kemarin. Kedatangannya ke Tanah Air memicu antusiasme banyak orang. Salah satu yang tak luput dari perhatian adalah sosoknya yang dikenal sederhana dan rendah hati. Kesederhanaan itu bahkan terlihat dari hari pertama ia mendarat di Jakarta.

Alih-alih naik jet pribadi, Paus Fransiskus memilih pesawat komersial, Alitalia, maskapai penerbangan nasional Italia yang kini diambil alih oleh ITA Airways. Bahkan, selama melakukan kunjungan di Indonesia, ia memilih menggunakan mobil Innova ketimbang mobil mewah maupun mobil antipeluru.

Pemilihan jam tangan yang dipakai oleh Paus Fransiskus ini semakin memperkuat citranya sebagai sosok yang rendah hati. Dalam sebuah potret yang diunggah oleh akun X @JhonSitorus_18, Paus kedapatan menggunakan jam tangan murah meriah. Aksesori yang melingkar di tangannya tersebut merupakan merek dari Casio.

Jam tangan yang dipakainya adalah tipe Casio MQ24-7B2 yang harganya hanya berkisar USD 8 atau senilai Rp124 ribu. Modelnya cukup simpel karena berformat analog.

"Jam tangan Paus Fransiskus, Casio MQ24-7B2. Harga 8 US Dollar atau Rp 124 ribu. Harga tersebut dikonfirmasi oleh Casio pada 2020 yang lalu," tulis akun tersebut seperti dikutip brilio.net pada Kamis (5/9).

jam tangan Paus Fransiskus © X

foto: X/@JhonSitorus_18

Menurut informasi dari situs resmi Casio, jam tangan tipe tersebut merupakan salah satu model yang paling laris. Jam tangan ini memiliki desain yang sederhana namun dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan harga yang sangat terjangkau.

Selain itu, jam tangan ini juga tahan air, sehingga nyaman digunakan sepanjang hari dengan bobot yang ringan dan pengoperasian yang mudah. Di Indonesia sendiri, sejumlah situs online menjual jam tangan tersebut berkisar antara Rp175-250 ribu. Tentu saja ini termasuk sangat terjangkau untuk seorang pemimpin tertinggi Gereja.

jam tangan Paus Fransiskus © X

foto: X/@Gungkrisna12

Warganet pun ramai mengomentari pilihan jam tangan ini. Banyak yang merasa kagum dengan sikap Paus yang konsisten mempertahankan kesederhanaan, meski dirinya berada di posisi yang sangat berpengaruh.

Bagi sebagian besar orang, terutama pemimpin dengan jabatan tinggi, tampil dengan barang-barang mewah mungkin sudah menjadi hal yang lazim. Namun, Paus Fransiskus justru sebaliknya, menyampaikan pesan kuat bahwa hidup sederhana adalah pilihan yang mulia.

"Semoga dijadiin pelajaran buat kita semua ga berlomba-lomba pamer kemewahan," komentar akun @kayinpie.

"Beliau sederhana beneran bukan pencitraan, dan mengutamakan fungsi bukan gengsi," ujar akun @sxmartz.

Mungkin beliau besar dari kesederhanaan yg melekat sehari²nya. sekelas beliau bisa aja beli yg bermilyar² tanpa liat nominal. cuma krn fungsinya buat liat jam berapa dan lebih hemat kenapa beli yg mahal klo sama² buat tengok jam, respect paus," tulis akun @ririssseee.

"Keren, dan sayangnya para pemimpin negara2 jauh dari kata sederhana," ujar akun @hheellyeah.

Sementara di belahan bumi lain ada yg pake rolex seharga Rp 215juta," sindir akun @zupe009.