Brilio.net - Gibran Rakabuming akan segera dilantik menjadi Wakil Presiden pada 20 Oktober mendatang, mendampingi Prabowo yang terpilih sebagai Presiden. Atas jabatan barunya tersebut, Gibran pun sudah mengundurkan diri sebagai Wali Kota Solo per Selasa (16/7).

Saat disinggung terkait tempat tinggalnya setelah jadi Wapres, Gibran dengan tegas menyatakan tidak berniat untuk tinggal di rumah dinas wakil presiden (wapres) di Jakarta maupun Ibu Kota Nusantara (IKN). Ia berencana membuka rumah dinasnya untuk kepentingan masyarakat umum.

alasan gibran tak ingin tempati rumah dinas © berbagai sumber

foto: Instagram/@gibran_rakabuming

"Kami nanti tinggal di rumah sendiri. Rumah dinas di Jakarta untuk menerima tamu," ujar Gibran, dilansir dari dream.co.id, Kamis (18/7).

Rupanya, hal tersebut sudah dilakukan Gibran sejak menjadi Wali Kota Solo. Anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku tak pernah tinggal di rumah dinasnya di Lodji Gandrung. Gibran hanya menggunakan Lodji Gandrung untuk menerima tamu.

"Rumah dinas (Lodji Gandrung) tidak saya tinggali. Biar dipakai untuk kegiatan warga. Banyak yang prewed, numpang wifi, foto wisuda. Saya sendiri tidurnya di rumah pribadi," paparnya.

Sebelumnya, Gibran resmi mengajukan pengunduran diri tiga bulan sebelum dilantik menjadi Wapres. Gibran menyerahkan surat pengunduran diri kepada pimpinan DPRD Solo, Selasa 16 Juli 2024 sekitar pukul 14.45 WIB.

alasan gibran tak ingin tempati rumah dinas © berbagai sumber

foto: dream.co.id

Usai menyerahkan surat pengunduran diri ke DPRD Solo, Gibran langsung mengemasi barang-barang di ruang kerjanya di Balai Kota Solo. Ayah dua anak ini membereskan semua peralatan kerjanya seperti, dokumen hingga mainan.

Barang-barang itu dimasukkan ke kardus. Tampak, ada 10 kotak tamiya, lego, dua patung kucing Maneki Neko yang dijadikan celengan. Tak lupa, ia membawa seekor kucing adopsi, yang ada di rumah dinas Loji Gandrung.